Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 06 November 2014

KENAMPAKAN ALAM di WILAYAH DARATAN DAN PERAIRAN INDONESIA

KENAMPAKAN ALAM

Kenampakan Alam (bentang alam) adalah segala sesuatu yang dibentuk oleh peristiwa yang berada di alam. Kenampakan Alam dapat lihat pada permukaan bumi yang meliputi wilayah daratan dan wilayah perairan. Kenampakan Alam tersebut banyak memberikan keuntungan berupa kekayaan dari berbagai sumber daya alam.

Kenampakan alam merupakan berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah. Kenampakan alam terdiri dari dua bagian pokok, yakni kenampakan alam berupa daratan dan kenampakan alam berupa perairan.

KENAMPAKAN ALAM DI WILAYAH DARATAN
Kenampakan alam di wilayah daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah daratan di Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga menyebabkan curah hujan yang teratur dan banyaknya gunung berapi sehingga dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan manusia. 

Kenampakan Alam yang termasuk wilayah daratan yaitu : Dataran Tinggi, Dataran Rendah, Pegunungan, Gunung, Pantai, Tanjung, Delta

Dataran tinggi
Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang luas  terletak pada ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi berada di daerah pegunungan atau dikelilingi oleh bukit-bukit sehingga udaranya sangat dingin dan segar.
Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Dataran tinggi bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya.
Daerah pada dataran tinggi memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan yang indah sehingga menyebabkan banyak orang mendirikan rumah-rumah atau vila sebagai tempat istirahat. Selain itu, dataran tinggi banyak dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan seperti teh, kopi, bunga, sayuran dan sebagainya serta sebagai tempat pariwisata dan tempat peristirahatan.
 
Dataran rendah
Dataran rendah merupakan wilayah dataran yang relatif datar, luas dan memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia daerah dataran  rendah merupakan daerah yang penuh dengan kedinamisan dan kegiatan penduduk yang sangat beragam. Daerah dataran rendah cocok dijadikan wilayah pertanian, perkebunan, peternakan, kegiatan, industri, dan sentra-sentra bisnis.
Lokasi yang datar, menyebabkan pengembangan daerah dapat dilakukan seluas mungkin. Pembangunan jalan raya dan jalan tol serta kelengkapan saran transportasi ini telah mendorong daerah dataran rendah menjadi pusat ekonomi penduduk. Kemudahan transportasi dan banyaknya pusat-pusat kegiatan di daerah dataran rendah menarik penduduk untuk menetap disana. Oleh karena, itu penduduknya semakin bertambah dan kebutuhan tempat tinggal serta tempat usaha juga meningkat. Lahan-lahan seperti sawah dan hutan sebagai penyangga keseimbangan alam semakin berkurang digantikan oleh tumbuhnya bangunan bertingkat. Hal ini banyak menimbulkan permasalahan, seperti daerah resapan air berkurang yang mengakibatkan banjir pada saat musim hujan dan kekeringan pada saat musim kemarau.
Pada umumnya, daerah dataran rendah terdapat banyak aliran sungai dan keadaan udaranya panas. Dataran rendah di wilayah Indonesia membentang luas di sepanjang Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara serta pulau-pulau kecil. Penduduk kota yang menetap di dataran rendah memanfaatkan daerahnya sebagai tempat tinggal. Dataran rendah dimanfaatkan sebagai tempat perkebunan tebu atau kelapa, lahan pertanian, industri dan pemukiman.

Pegunungan
Pegunungan merupakan rangkaian gunung yang saling menyambung satu sama lain, tinggi, luas dan memanjang dengan mencapai ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut sehingga di daerah pegunungan udaranya sangat sejuk dan segar. Pegunungan dimanfaatkan sebagai tempat istirahat, wisata alam dan camping seperti di Pegunungan Jaya Wijaya, sebagai tempat tumbuh hutan (daerah perlindungan hewan dan tumbuhan agar tidak punah) dan juga digunakan untuk usaha perkebunan bunga, sayuran dan tanaman industri. Wilayah Indonesia dibedakan menjadi dua rangkaian pegunungan dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik membentang mulai dari Sulawesi Utara, KepulauanMaluku Utara dan berakhir di Papua dan rangkaian Pegunungan Mediterania membentang mulai dari ujung barat laut Sumatra, Jawa, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara dan berakhir di Kepulauan Maluku bagian selatan.

Gunung
Gunung merupakan bagian yang menonjol terdapat di bumi (bukit yang tinggi dan besar) dengan ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Wilayah Indonesia memiliki banyak gunung baik gunung yang berapi maupun yang tidak berapi. Gunung berapi adalah gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus sedangkan gunung tidak berapi adalah gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung dimanfaatkan sebagai pengatur iklim dan penyimpan air, dijadikan sebagai tempat wisata, material dari gunung berapi yang meletus dapat menyuburkan tanah dan pasirnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Pantai
Pantai adalah wilayah yang menjadi batas antara lautan dan daratan. Bagi penduduk Indonesia yang berada di daerah tropis pantai yang dapat dimanfaatkan manusia untuk banyak hal, diantaranya :
a. Objek pariwisata
b. Daerah pertanian pasang surut
c. Areal tambak garam
d. Wilayah perkebunan kelapa dan pisang
e. Daerah pengembangan industri kerajinan rakyat bercorak khas daerah pantai, dan lain-lain.
Pantai juga menjadi tempat hidup bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Hutan Mangrove adalah salah satu contoh ekosistem di daerah pantai. Di daerah hutan mangrove hidup berbagai jenis hewan seperti kera, kepiting, ular dan udang. Hutan mangrove dapat berfungsi menahan abrasi air laut.
 

Tanjung
Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Tanjung yang luas biasa juga disebut semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.
Dalam pemanfaatannya, jika Teluk biasanya dijadikan sebagai pelabuhan-pelabuhan tempat kapal dagang bersandar maka Tanjung biasanya dijadikan Resort untuk wisata karena posisi Tanjung yang menjorok kelaut sehingga pemandangan laut dari posisi Tanjung akan terlihat lebih maksimal. Salah satu contoh pemanfaatan Tanjung sebagai kawasan resort dan wisata adalah Tanjung Benoa di Bali.

Delta
Delta adalah daratan yang berada di tengah sungai. Biasanya di muara sungai. Contoh: Delta Sungai Bengawan Solo.


KENAMPAKAN ALAM DI WILAYAH PERAIRAN
Kenampakan Alam di wilayah perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang digenangi air. Wilayah Indonesia memiliki perairan yang sangat luas yaitu dua pertiga bagian dari keseluruhan luas wilayah negara. Kenampakan Alam yang termasuk wilayah perairan yaitu : Sungai, Danau, Laut, Rawa, Teluk, Samudera

Danau
Danau merupakan permukaan bumi berupa cekungan di darat yang sangat luas dan digenangi oleh air yang dikelilingi daratan. Danau yang terbentuk berasal dari letusan gunung berapi yang biasa disebut sebagai danau vulkanik. Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk disebabkan adanya pergeseran muka bumi. Dan danau buatan yaitu danau yang sengaja dibuat oleh manusia dengan cara membendung aliran sungai dan danau buatan biasanya sering disebut sebagai waduk. Serta danau alam merupakan danau yang terbentuk oleh peristiwa alam yaitu diantara letusan gunung api, pelarutan batuan kapur oleh air hujan dan gerakan kulit bumi. Danau dimanfaatkan sebagai tempat pengairan sawah, tempat memelihara dan penangkapan ikan, tempat persediaan air, dan objek wisata.
Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan menjadi:
·         Danau tektonik yaitu danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan lapisan bumi.
·         Danau vulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi.
·         Danau tektovulkanik yaitu danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme.
·         Danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi.
·         Danau karst yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur.
·         Danau glasial yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air.
·         Danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia.


Sungai
Sungai merupakan bagian dari permukaan bumi yang rendah dan aliran air yang mengalir dari dataran tinggi menuju dataran rendah dan bermuara di laut. Sungai pada bagian awal berukuran kecil yang bermula dari daerah pegunungan. Sedangkan yang mengalir ke tempat yang lebih rendah akhirnya bermuara di danau/laut. Semakin dekat ke arah laut, maka semakin melebar. Sungai dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat memelihara ikan dan digunakan untuk irigasi mengairi sawah. Selain itu, sebagai sarana transportasi yang menghubungkan antar daerah, sumber tenaga listrik, perikanan, olahraga, dan rekreasi serta digunakan untuk pengangkutan kayu hasil penebangan dan pasar terapung.


Laut

Laut merupakan bagian permukaan bumi yang luas, digenangi air yang dalam dan paling rendah. Laut menghubungkan antar pulau yang satu dengan pulau lainnya. Wilayah Indonesia sekitar dua pertiganya merupakan lautan, namun kondisinya kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Untuk landas kontinen negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut.Kedalaman laut di wilayah Indonesia berbeda-beda, ada yang dalam maupun dangkal. Biasanya mencapai 1.000 meter atau lebih. Air laut rasanya asin karena mengandung garam. Di dalam laut terdapat banyak kehidupan antara lain tumbuhan laut, kerang  dan beragam jenis ikan yang dapat diolah menjadi makanan dan obat-obatan.
Beberapa manfaat laut bagi manusia adalah:
·         Tempat rekreasi dan hiburan
·         Tempat hidup sumber makanan kita, seperti ikan, cumi-cumi, udang, rumput laut, dll.
·         Pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut, angin, dsb.
·         Tempat budidaya ikan, kerang mutiara, rumput laut, dll.
·         Tempat barang tambang berada, misalnya tambang minyak bumi lepas pantai.
·         Salah satu sumber air minum (tetapi harus melalui proses desalinasi dahulu)
·         Sebagai jalur transportasi air
·         Sebagai tempat cadangan air bumi
·         Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan
·         Laut merupakan penyumbang terjadinya hujan dan pengatur iklim
·         Air laut dapat diolah menjadi garam

Rawa
Rawa adalah tanah yg rendah (umumnya di daerah pantai) dan digenangi air, biasanya banyak terdapat tumbuhan air. Rawa terbentuk secara alami, genangannya dapat bersifat musiman ataupun permanen dan ditumbuhi oleh tumbuhan. Indonesia memiliki lebih dari 23 juta ha rawa
Ada tiga jenis rawa :
1.      Hutan rawa air tawar, memiliki permukaan tanah yang kaya akan mineral. Biasanya ditumbuhi hutan lebat.
2.      Hutan rawa gambut, terbentuk dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang proses penguraiannya sangat lambat sehingga tanah gambut memiliki kandungan bahan organik yang sangat tinggi.
3.      Rawa tanpa hutan, merupakan bagian dari ekosistem rawa hutan. Namun hanya ditumbuhi tumbuhan kecil seperti semak dan rumput liar.
Peran dan   manfaat hutan rawa :
·         Sumber cadangan air, dapat menyerap dan menyimpan kelebihan air dari daerah sekitarnya dan akan mengeluarkan cadangan air tersebut pada saat daerah sekitarnya kering.
·         Mencegah terjadinya banjir.
·         Mencegah intrusi air laut ke dalam air tanah dan sungai
·         Sumber energi
·         Sumber makanan nabati maupun hewani
Jika hutan rawa hilang :
·         Dapat mengakibatkan kekeringan
·         Dapat mengakibatkan intrusi air laut lebih jauh ke daratan
·         Dapat mengakibatkan banjir
·         Hilangnya flora dan fauna di dalamnya
·         Sumber mata pencaharian penduduk setempat berkurang


Teluk
Teluk adalah tubuh perairan yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan.Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama. Karena Indonesia memiliki puluhan ribu pulau, maka di Indonesia banyak sekali terdapat teluk.

Selat
Selat merupakan perairan/laut sempit yang berada di antara dua pulau. Kedalamannya berkisar antara 200-1.000 meter. Negara Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim karena memiliki wilayah laut yang terbentang luas. Letak Indonesia yang dibatasi oleh lautan yang menjadi jarak antara pulau yang satu dengan lainnya. Selat dimanfaatkan sebagai jalur angkutan antar pulau. Alat angkutan yang biasa digunakan adalah kapal feri yang termasuk kapal penumpang.

Samudera
Samudera merupakan perairan yang luasnya melebihi luas laut dan memiliki kedalaman lebih dari 1.000 meter. Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Manfaat samudera menyebabkan iklim yang menguntungkan yaitu tidak terlalu panas pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari.
Teluk  adalah laut yang menjorok ke darat. Teluk kebalikan dengan tanjung



BERBAGAI  KENAMPAKAN  ALAM  DI  WILAYAH DARATAN  INDONESIA

Dataran Tinggi

Dataran Tinggi Gayo-Nangroe Aceh Darussalam
Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatera. Secara administratif dataran tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan kabupaten Bener Meriah serta kabupaten Gayo Lues. Tiga kota utamanya yaitu Takengon, Blang Kejeren dan Simpang Tiga Redelong. Jalan yang menghubungkan ketiga kota ini melewati daerah dengan pemandangan yang sangat indah. Pada masa lalu daerah Gayo merupakan kawasan yang terisolir sebelum pembangunan jalan dilaksanakan di daerah ini.
Dataran Tinggi Gayo

Dataran Tinggi Karo-Sumatera Utara
Dataran tinggi Karo adalah sebuah dataran tinggi luas di Sumatera Utara, hampir semua dataran tinggi ini termasuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Karo. Dataran tinggi Karo juga merupakan dataran tinggi terluas di Indonesia. Letaknya yang dekat dengan pesisir timur Sumatera Utara menyebabkan dataran tinggi berhawa sejuk ini menjadi sebuah daerah tujuan wisata selain Danau Toba yang relatif lebih jauh dari Medan. Kota-kota wisata di dataran tinggi ini misalnya Brastagi dan Kabanjahe. Di dataran tinggi ini terdapat 2 gunung berapi aktif, Gunung Sinabung dan Sibayak.

Dataran Tinggi Karo

Dataran Tinggi Dieng-Jawa Tengah
Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.
Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Minahasa-Sulawesi Utara
Di selatan kota Manado terdapat Dataran Tinggi Minahasa yang sangat menawan. Dengan Kota Tomohon sebagai pusatnya, dilatarbelakangi Gunung Lokon serta Danau Tondano yang menyejukkan. 
Dataran Tinggi Minahasa

Dataran tinggi Kabupaten Kerinci di jambi
Kabupaten Kerinci dikenal sebagai Kabupaten yang memiliki panorama yang terindah di Provinsi Jambi yang keindahannya menjadi terkenal dengan keberadaan Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera, Air Terjun Telun Berasap dan Danau Gunung Tujuh di kaki Gunung Kerinci. Keberadaan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan paru-paru dunia, dimana hidup bermacam flora dan fauna yang berguna untuk penelitian, Danau Kerinci, Danau Lingkat dan sejumlah peninggalan bersejarah serta banyaknya objek menjadi keindahan Kerinci semakin menarik.

Dataran Tinggi Kabupaten Kerinci

Beberapa Nama Dataran Tinggi di Indonesia antara lain sebagai berikut :
·         Dataran Tinggi Alas di Aceh
·         Dataran Tinggi Pasai di Aceh
·         Dataran Tinggi Batak di Sumatera Utara
·         Dataran Tinggi Miinangkabau di Sumatera Barat
·         Dataran Tinggi Rejang di Bengkulu
·         Dataran Tinggi Lebong di Bengkulu
·         Dataran Tinggi Bukit Barisan di Bengkulu
·         Dataran Tinggi Cianjur di Jawa Barat
·         Dataran Tinggi Priangan di Jawa Barat
·         Dataran Tinggi Sumedang di Jawa Barat
·         Dataran Tinggi Magelang di Jawa Tengah
·         Dataran Tinggi Grobongan di Jawa Tengah
·         Dataran Tinggi Tengger di Jawa Timur
·         Dataran Tinggi Malang di Jawa Timur
·         Dataran Tinggi Kidul di Jawa Timur
·         Dataran Tinggi Muller di Kalimantan Barat
·         Dataran Tinggi Kapuas di Kalimantan Barat
·         Dataran Tinggi Skhwaner di Kalimantan Barat
·         Dataran Tinggi Meratus di Kalimantan Selatan
·         Dataran Tinggi Luwu di Sulawesi Selatan
·         Dataran Tinggi Wajo di Sulawesi Selatan
·         Dataran Tinggi Bone di Sulawesi Selatan
·         Dataran Tinggi Penreng di Sulawesi Tengah
·         Dataran Tinggi Barui di Sulawesi Tenggara
·         Dataran Tinggi Bingkoku di Sulawesi Tenggara
·         Dataran Tinggi Arfak di Papua Barat
·         Dataran Tinggi Charles Louis di Papua Tengah
·         Dataran Tinggi Jaya Wijaya di Papua Timur
   



Dataran Rendah
Beberapa dataran rendah di Indonesia dapat disebutkan berikut:

Kota Balikpapan
Secara umum Kota Balikpapan berada pada ketinggian 0 sampai > 100 meter di atas
permukaan laut. Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan setelah Samarinda dengan jumlah penduduk terpadat mencapai 22% keseluruhan daerah Kalimantan Timur. Balikpapan juga ditetapkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan pada tahun 2012. Walaupun begitu, Balikpapan tetaplah bintang di Kalimantan dan menjadi objek wisata utama oleh banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya hotel baru di Balikpapan yang juga dipicu oleh beragamnya tempat wisata alam.
Kota Balikpapan


Kota Batam
Batam merupakan kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Kota ini merupakan kota industri terbesar di Indonesia. Batam juga mendapatkan rekor sebagai kota dengan perkembangan tercepat di Indonesia. Letaknya berdekatan dengan negara tetangga, Singapura. Batam berjumlah penduduk sebanyak 1,025,044 jiwa, memiliki luas sekitar 715 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 862 jiwa/km2.

Kota Batam

Kota Surabaya
Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Ibukota Jawa Timur ini merupakan gerbang dan kota terbesar di Indonesia Timur. Selain besar, ramai, dan padat, Surabaya juga merupakan salah satu kota terindah di Indonesia. Di kota ini, taman-taman penghijauan sangat mudah ditemukan. Hampir seluruh jalanan di kota ini ditumbuhi pepohonan di kanan kirinya. Kota ini berjumlah penduduk 2,611,506 jiwa, memiliki luas wilayah 326.37 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8,002 jiwa/km2
Surabaya merupakan daerah yang didominasi dengan dataran rendah, kurang lebih sekitar 80% dari luas daerahnya sedangkan sisanya yang 20% merupakan daerah perbukitan yang bergelombang rendah. Yang termasuk wilayah dataran rendah yaitu, wilayah di Surabaya Timur, Surabaya Utara, dan sebagian dari wilayah Surabaya Selatan. Dataran rendah tersebut < 10 mdpl dan kemiringan pernukaan hanya sebesar <3%. Dataran rendah tersebut yang memang sebagian besar terbentuk oleh endapan aluvial yang terdiri dari endapan sungai dan endapan pantai. Jika dilihat dari endapan sungai maka sebagian besar merupakan endapan sungai Berantas serta cabang-cabang sungainya dan endapan sungai Rowo. Endapan sungai umumnya terdiri dari pasir. Sedangakan bagian timur dan bagian utara sampai sepanjang selat Madura bentuk lahannya dipengaruhi oleh endapan pantai Kenjeran yang masuk ke daratan sampai kurang lebih 5 km. Endapan pantai tersebut bisa terdiri dari lempung, lempung berpasir, lanau maupun ada yang menyebutnya lempung berlanau. Karena terbentuk oleh endapan pantai maka pada tanahnya terdapat sisipan tipis yang mengkilat yang pada umumnya adalah kepingan kerang.
Kota Surabaya

Kota Jakarta
Kota Jakarta kota terbesar di Indonesia. Bukan hanya sekadar ibukota politik Indonesia, Jakarta juga merupakan ibukota ekonomi dan finansial Bumi Pertiwi ini. Jakarta merupakan kota terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan kota terbesar keenam di dunia. Jakarta berjumlah penduduk 9,580,000 jiwa, memiliki luas 740.28 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 14,464.08 jiwa/km2. Kota ini merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Jakarta pun telah menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik di Indonesia.
Kota Jakarta


Kota Sidoarjo
Wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di dataran rendah. Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Delta, karena berada di antara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yakni Kali Mas dan Kali Porong. Kota Sidoarjo berada di selatan Surabaya, dan secara geografis kedua kota ini seolah-olah menyatu. Kabupaten Sidoarjo, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibukotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Sidoarjo dikenal sebagai penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk kawasan Gerbang kertosusila.

Kota Sidoarjo

Kota Pekan Baru
Pekanbaru merupakan ibukota, sekaligus kota terbesar di Riau. Kota yang memiliki motto 'Kota Bertuah' ini merupakan salah satu kota terbersih dan terkaya di Indonesia. Pekanbaru berjumlah penduduk sebanyak 717,618 jiwa, memiliki luas sekitar 633.01 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 1,134 jiwa/km2.

Kota Pekan Baru

Kota Makasar
Makassar merupakan ibukota dan kota terbesar di provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang dulunya memiliki nama Ujung Pandang ini merupakan kota terbesar di Sulawesi, serta sebagai gerbang menuju Indonesia Timur. Di kota ini, terdapat taman rekreasi indoor terbesar di Indonesia, yang bernama Trans Studio. Taman rekreasi ini juga merupakan taman rekreasi indoor terbesar di Asia Tenggara, dan juga taman rekreasi terbesar ketiga di dunia. Makassar berjumlah penduduk sebanyak 1,194,583 jiwa, memiliki luas sekitar  199.26 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 5,995 jiwa/km2.

Kota Makasar


Kota Medan
Kota terbesar di Sumatera dan wilayah Malaka ini merupakan rumah bagi 2,029,797 warganya. Medan memiliki luas 265.10 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 7,657 jiwa/km2. Kota ini merupakan tempat pertemuan dan tukar pikiran antara orang-orang Batak, Melayu, Cina dan India. Di dekat kota ini, terdapat Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Para ilmuwan percaya danau ini terbentuk dari letusan gunung yang sangat dahsyat sekitar 10,000 tahun yang lalu.

Kota Medan

Kota Palembang
Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota ini merupakan kota terbesar di Sumatera Selatan, dan merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan. Dulu, kota ini sempat menjadi ibukota kerajaan Sriwijaya. Namun ibukota kerajaan Sriwijaya dipindahkan ke Jambi setelah terjadi serangan oleh Raja Cholamandala. Sekarang kota ini merupakan salah satu kota tersibuk di Indonesia. Setiap harinya selama 24 jam, kendaraan bermotor melintasi ikon kota Palembang, Jembatan Ampera. Kapal, sampan, dan ketek juga melintasi Sungai Musi yang membelah kota ini setiap harinya. Maka dari itu, kota ini mendapatkan julukan 'Venice Van Sumatra'. Palembang berjumlah penduduk sebanyak 1,342,258 jiwa, memiliki luas sekitar 400.61 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 3,351 jiwa/km2.

Kota Palembang


Kota Banjarmasin
Banjarmasin merupakan kota terbesar di provinsi Kalimantan Selatan, sekaligus di pulau Kalimantan. Ibukota Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu tempat wisata unik dari kota ini adalah Pasar Terapung, dimana para penjual dan pembeli melakukan transaksi diatas sampan yang mengapung di sungai Barito. Banjarmasin berjumlah penduduk sebanyak 589.115 jiwa, memiliki luas sekitar 74 km2, dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 8.182 jiwa/km2
Kota Banjarmasin terletak pada daerah dataran rendah, tanahnya terjadi dari endapan (aluvial), dialiri oleh banyak sekali sungai-sungai yang saling berpotongan. Sungai Barito di sebelah Barat kota merupakan sungai terbesar (utama), serta Sungai Martapura yang mengalir dari Timur Laut ke arah Barat Daya. Sungai Martapura membelah Kota Banjarmasin melalui 5 (lima) wilayah kecamatan yang bermuara ke Sungai Barito. Disamping itu ada berpuluh-puluh sungai lain yang berpotongan satu sama lain, semuanya bermuara ke Sungai Martapura dan atau ke Sungai Barito. Kota Banjarmasin disebut sebagai Kota Seribu Sungai.


Kota Banjarmasin



Pegunungan
Beberapa Pegunungan di Indonesia dapat disebutkan berikut:
1. Pegunungan Pembarisan di Jawa Barat
2. Pegunungan Dieng di Jawa Tengah
3. Pegunungan Sewu DI Yogyakarta
4. Pegunungan Tengger di Jawa Timur
5. Pegunungan Schwaner di Kalbar dan Kalteng
6. Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan
7. Pegunungan Bawu di Kalimantan Timur
8. Pegunungan Siunandaka di Sulawesi Utara
9. Pegunungan Pompange di Sulawesi Tengah
10. Pegunungan Quarles di Sulawesi Selatan
11. Pegunungan Jaya di Wijaya Papua

Berikut ini adalah pegunungan yang terdapat di Indonesia.
Pegunungan Bukit Barisan
Pegunungan Bukit Barisan adalah jajaran gunung yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatra, memiliki panjang lebih kurang 1650 km.Rangkaian pegunungan ini mempunyai puncak tertinggi Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi, berketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia dengan puncak Indrapura sebagai puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak Jayawijawa. Gunung kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Pegunungan Bukit Barisan terletak dekat pertemuan antara pelat tektonik Eurasia dan Australia.

Pegunungan Bukit Barisan


Pegunungan Kendeng Utara / Kapur Utara
Pegunungan Kapur Utara adalah salah satu pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati Jawa Tengah hingga Lamongan (Jawa Timur). Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di sebelah selatannya. Juga ada yang menyebutnya sebagai Pegunungan Serayu Utara.
Wilayahnya memanjang dari barat ke timur yang meliputi Kabupaten Pati bagian selatan, Kabupaten Grobogan bagian utara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro bagian utara dan Kabupaten Lamongan bagian barat. Lebar rangkaian pegunungan ini sekitar 30-50 km dengan ketinggian kurang dari 800 meter dari permukaan laut.
Pegunungan Kapur Utara merupakan kawasan batu gamping atau daerah karst. Daerah ini identik dengan fenomena alam yang kurang akan air di permukaan akibat sifat batuan kapur yang sangat mudah meloloskan air. Meskipun dipermukaan cenderung kering dengan dipenuhi banyaknya batu karang dan tebing.
Pegunungan Kendeng Utara / Kapur Utara

Pegunungan Kendeng
Gunung kendeng adalah pegunungan batu kapur yang merupakan bagian dari pegunungan kidul atau gunung kidul yang terbentang di sepanjang pulau jawa bagian selatan. Gunung kendeng terletak di kabupaten Malang bagian selatan, provinsi Jawa Timur. Disebut gunung kendeng karena menurut cerita kuno orang jawa bahwa gunung tersebut terkadang tampak seperti gunung yang mau melestus (bahasa jawa; kendeng-kendeng). Namun sesungguhnya gunung kendeng bukanlah gunung berapi, melainkan hanya pegunungan batu kapur yang ditumbuhi semak belukar dan pepohonan jati hutan lindung. Satwa liar yang sering ditemukan di pegunungan kidul adalah monyet (kera), babi hutan, dan burung-burung liar. Di hutan-hutan terpencil wilayah pegunungan kidul juga ditemukan rusa jawa (menjangan), kijang, macan tutul, beruang, dan hewan-hewan liar lainnya.
Pegunungan Kendeng

Pegunungan Sewu
Pegunungan Sewu adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di sepanjang pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), hingga Kabupaten Tulungagung (Jawa Timur) di Pulau Jawa. Deretan pegunungan Sewu terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Batuan kapur menjadi ciri khas pegunungan ini.
Pegunungan ini sangat unik dan bercirikan fenomena di permukaan (ekokarst) dan bawah permukaan (endokarst). Fenomena permukaan meliputi bentukan positif seperti perbukitan karst yang jumlahnya ±40.000 bukit yang berbentuk kerucut, sedangkan bentukan negatifnya berupa lembah-lembah karst dan telaga karst. Fenomena bawah permukaan meliputi goa-goa karst (119 goa) dengan hiasan stalaktit dan stalakmit, dan semua aliran sungai bawah tanah. Karena keunikan ekosistemnya, maka tahun 1993 International Union of Speleology mengusulkan agar kawasan Karst Gunungsewu masuk ke salah satu warisan alam dunia. Pada tanggal 6 Desember 2004 di Kabupaten Gunungkidul Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan wilayah Karst Gunungsewu dan Gombong Selatan sebagai kawasan ekokarst.
Pegunungan Sewu

Pegunungan Arfak
Pegunungan Arfak yang berada di ‘kepala-otak burung Papua’ adalah sebuah kawasan cagar alam dengan luas mencapai 68.325 hektar dengan ketinggian mencapai 2940 meter di atas permukaan laut. Cagar alam pegunungan Arfak berada di Kabupaten Manokwari, Propinsi Papua Barat. Membentang di antara Distrik Menyambouw Warmare, Ransiki, Anggi dan Oransbari. Wilayah ini hanya berjarak kira-kira 35 km dari kota Manokwari.
Pegunungan Arfak

Pegunungan Maoke
Pegunungan Maoke adalah rangkaian pegunungan di Provinsi Papua. Pegunungan ini membelah Papua dari barat ke timur menjadi dua pada bagian tengah. Pegunungan ini merupakan bagian dari sistem pegunungan yang membentang di Pulau Nugini, dari timur ke barat. Sungai Lorentz, Sungai Baliem, dan Sungai Digul mengalir di sisi selatan. Puncak Jaya, gunung tertinggi di Indonesia, menjulang 5.030 meter di pegunungan ini. Puncak lain di pegunungan ini termasuk Puncak Mandala (4.760 m) dan Puncak Trikora (4.750 m).

Pegunungan Maoke

Pegunungan Jayawijaya
Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Sebelum penyatuan Papua Barat ke Indonesia, pegunungan ini dikenal dengan nama Pegunungan Orange. Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.
Pegunungan Jayawijaya juga merupakan satu-satunya pegunungan dan gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi. Meskipun tidak seluruh puncak dari gugusan Pegunungan Jayawijaya yang memiliki salju. Salju yang dimiliki oleh beberapa puncak bahkan saat ini sudah hilang karena perubahan cuaca secara global.
Pegunungan Jayawijaya



Gunung
Berikut ini adalah Gunung-gunung yang terdapat di Indonesia:

Gunung Rinjani (3.726 m dpl)
Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian Utara dengan ketinggian 3,726 m di atas permukaan laut (dpl), merupakan gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia. Umat Hindu percaya puncak Rinjani merupakan tempat suci, tempat tinggal para Dewa.
Pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut terdapat kaldera yang membentuk danau Segara Anak.

Gunung Rinjani

Gunung Semeru (3.676m dpl)
Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT. Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.
Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa juga gunung berapi tertinggi ke-tiga di Indonesia. Gunung Semeru terletak di pegunungan Tengger tidak jauh dari Gunung Bromo.
Gunung Semeru

Gunung Agung (3.142 m dpl)
Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar. Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut.

Gunung Bromo (m dpl)
Gunung Bromo  merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

 
Gunung Bromo

Gunung Galunggung (2.167 m dpl)
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas. Letusan terakhir terjadi pada tanggal 5 Mei 1982 (VEI=4) disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983.

Gunung Gede (1.000 – 3.000 m dpl)
Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.
 
Gunung Gede

Gunung Ijen (2.368 m dpl)
Gunung Ijen terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini berada di koordinat 8,058° LS dan 114,242° BT. Pesona utama gunung Ijen adalah kawahnya yang membentuk danau yang bersifat asam. Kedalaman danau 200 meter dengan luas mencapai 5466 Hektar. Kawah ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen.
Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
 
Gunung Ijen

Gunung Kerinci (3.805 mdpl)
Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji", dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.
Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.
Gunung Kerinci

Gunung Krakatau (813 m dpl)
Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.
Gunung Krakatau

Gunung Bukit Raya (2.278 m dpl)
Gunung ini berada di perbatasan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah pada posisi 112º 07′ – 112º 56′ BT dan 00º 24′ – 00º 59′ LS. Gunung ini bukan gunung berapi, dan berada dibawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Rute normal pendakian gunung ini berawal dari Nanga Popai, akses ke Nanga Popai ini bisa dilakukan dari Pontianak.. Merupakan bagian dari deret Pegunungan Schwaner. Lingkungan sekitar Gunung Bukit Raya merupakan kawasan cagar alam Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya.
Gunung Bukit Raya

Gunung Binaiya (3019 m dpl dan 3011 m dpl)
Gunung Binaiya yang merupakan puncak tertinggi di kepulauan Ambon ini. letaknya di pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah pada posisi geografis 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT . Selain itu gunung ini juga mempunyai dua puncak lainnya yang mempunyai ketiggian 3019m dpl dan 3011m dpl. Gunung ini berada dalam kawasan Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 ha. Gunung ini juga bukan gunung berapi. Akses rute normal pendakian kepuncaknya bisa dimulai dari desa Kanike.
Gunung Binaiya


Gunung Jaya Wijaya /Punak Cartenzs (4.884m dpl)
Puncak gunung tertinggi di pulau Papua ini adalah  juga  merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia. Puncak Carstenzs merupakan gunung karang (limestone), dan terdapat hamparan salju abadi dibeberapa tempat di pegunungan ini. Puncak Cartensz disebut dengan puncak jaya.
 
Gunung Jaya Wijaya

Gunung Merapi (2.968 m dpl)
Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.
           
Gunung Merbabu (3.145 m dpl)
Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur, Propinsi Jawa Tengah. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. Merbabu mempunyai beberapa puncak dengan dua puncak tertingginya Puncak Trianggulasi atau Kenteng Songo (3.142 mdpl) dan puncak Syarif ( 3.119 Mdpl). Memiliki 5 kawah yaitu kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo.
Bagi pendaki gunung, gunung Merbabu dikenal sebagai lokasi pendakian populer lantaran memiliki tingkat kesulitan yang relatif sedang. Namun pemandangan sepanjang jalur pendakian sangat indah.
 
Gunung Merbabu

Gunung Papandayan (2.665 m dpl)
Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.
Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 º C.

 
Gunung Papandayan

Gunung Salak (2.221- 2.180 m dpl)
Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. Letak astronomis puncak gunung ini ialah pada 6°43' LS dan 106°44' BT. Tinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl.
Secara administratif, Gunung Salak termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengelolaan kawasan hutannya semula berada di bawah Perum Perhutani KPH Bogor, namun sejak 2003 menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun, kini bernama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Banyak yang mengira nama Gunung Salak berasal dari nama tanaman Salak, akan tetapi sesunguhnya nama gunung ini berasal dari bahasa sansekerta "Salaka" yang berarti perak. Maka Gunung Salak bermakna "Gunung Perak."

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Brastagi di Sumatera Utara. Orang Batak Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan.

Gunung Sinabung (2.460 m dpl)
Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Koordinat puncak gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT. Letusan terakhir yaitu pada 1 Februari 2014.
 
Gunung Sinabung

Gunung Talang (2.597 m dpl)
Gunung Talang (nama lainnya Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang. Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007.
Pada 11 April 2005, Gunung Talang kembali meletus. Gempa yang diikuti bunyi gemuruh dan letusan yang mengeluarkan debu vulkanik sudah berlangsung sedikitnya 42 kali. Di Aia Batumbuak, lokasi terdekat dengan sumber letusan, hujan debu mencapai radius 5 km, sedangkan ketebalan debu di jalan mencapai 10 cm. Di sisi selatan Gunung Talang terbentuk kawah baru yang mengeluarkan asap belerang dan hujan berdebu vulkanik. Sebanyak 27.000 penduduk harus dievakuasi dari wilayah itu.

Gunung Tambora
Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu (sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima (bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara), Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya pada 8°15' LS dan 118° BT. Gunung ini terletak baik di sisi utara dan selatan kerak oseanik. Tambora terbentuk oleh zona subduksi di bawahnya. Hal ini meningkatkan ketinggian Tambora sampai 4.300 m yang membuat gunung ini pernah menjadi salah satu puncak tertinggi di Nusantara dan mengeringkan dapur magma besar di dalam gunung ini. Perlu waktu seabad untuk mengisi kembali dapur magma tersebut.
Gunung Tambora

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Gunung Batur
Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 - 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu.

Gunung Halimun
Gunung Halimun merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Bogor,Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak. Gunung dengan ketinggian sekitar 1.925 mdpl ini dikelilingi oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sebelah timur gunung ini terdapat Gunung Salak.
Gunung Halimun

Gunung Kelud
Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang masih aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.Pada abad ke-20, Gunung Kelut tercatat meletus pada tahun 1901, 1919 (1 Mei[2]), 1951, 1966, dan 1990. Tahun 2007 gunung ini kembali meningkat aktivitasnya. Pola ini membawa para ahli gunung api pada siklus 15 tahunan bagi letusan gunung ini.
 
Gunung Kelud

Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan.
Gunung Kelimutu



Pantai
Berikut ini adalah pantai yang terdapat di Indonesia:

Pantai Dreamland di Bali
Pantai ini terdapat di daerah yang berbukit dan bertebing membuat seolah-olah daerah pantai lebih rendah pada laut. Dreamland merupakan pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta batu karang yang berukuran besar.
Pantai Dreamland

Pantai Bunaken di Manado
Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Pantai Bunaken

Pantai Palabuhan Ratu di Jawa Barat
Kondisi gelombang air lautnya cukup cocok bila digunakan untuk olahraga surfing, sebab ketinggian gelombangnya cukup stabil. Dengan kondisi air yang seperti itu, maka di pantai ini terdapat beberapa tempat surfing yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng. Beberapa tempat surfingtersebut ramai dikunjungi para wisatawan tepatnya pada bulan Mei hingga Oktober, saat kondisi ombak sedang tinggi.
 
Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Raja Ampat di Papua
Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua.
 
Pantai Raja Ampat

Pantai Sanur di Bali
Kawasan Sanur sendiri dikenal sebagai awal perkembangan pariwisata di Bali dengan hadirnya hotel seperti Inna Grand Bali Beach dan beberapa hotel pertama lainnya di Bali pada saat pertama kali wisata Bali berkembang.

Pantai Sanur

Pantai Senggigi di Lombok
Senggigi memang menawarkan pesona pantai yang khas. Suasana alami yang belum banyak dijejali oleh turis asing, seolah menjadi penanda beda pantai ini dengan pantai-pantai di Bali. Ini tentu memberi nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Tak aneh, pantai ini kini dijadikan tujuan alternatif baru para wisatawan yang merindukan suasana kesenyapan alami yang menentramkan.
Pantai Senggigi

Pantai Pangandaran di Jawa Barat
Pantai yang secara geografis terletak di sebelah timur Jawa Barat, atau lebih tepatnya lagi terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, lebih kurang 92 kilometer arah selatan Ciamis ini memang boleh dibilang memiliki berbagai kelebihan jika dibanding dengan beberapa obyek wisata pantai lainnya, khususnya di wilayah pulau Jawa.

Pantai Pangandaran

Pantai Kuta di Bali
Di pantai Kuta pengunjung bisa melakukan selancar atau surfing, bermain sepakbola, bermain layang-layang, sekedar rebahan di pasir pantainya yang hangat, atau cuci mata menyaksikan para turis bule berjemur. Apabila tertarik dengan layanan kuncir rambut atau pembuatan tato sementara, itu juga bisa didapat di pantai ini.

Pantai Kuta

Pantai Parangtritis, Yogyakarta
Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Hotel Queen of the South adalah sebuah resort mewah yang diberi nama sesuai legenda ini. Sayangnya resort ini sekarang sudah jarang buka padahal dulu memiliki pemandangan yang sanggup membuat kita menahan nafas.
Pantai Parangtritis

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung
Pantai Parai Tenggiri adalah pantai yang terletak di kawasan daerah Matras, Sungailiat, Bangka Belitung. Pantai ini sering dijadikan obyek wisata dan terkenal dengan batuan granit berbagai ukuran. Fasilitas yang tersedia antara lain hotel, outbound serta permainan olah raga air.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Hunimua/Liang, Maluku Tengah
Pantai Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah, biasa disebut Pantai Liang, menempati peringkat pertama terindah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian Badan PBB yang mengurusi pembangunan global (UNDP) tahun 1990.

Pantai Liang

Pantai Bale Kambang, Malang
Pantai Bale Kambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang Selatan. Perjalanan sejauh 65 km dari kota Malang bisa ditempuh selama 3 jam dengan kendaraan pribadi. Pantai ini terbentang 2 KM meliputi pantai landai bertabur karang di sebelah timur dan dihiasi 3 pulau masing2 Pulau Ismoyo dengan Pura Luhur Amertha Jati di atasnya, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman di sebelah barat.

Pantai Bale Kambang

Pantai Natsepa, Ambon
Salah satu tempat wisata yang terkenal di Pulau Ambon, bila Hari Libur seperti Hari Minggu sangat dipadati pengunjung. Kalo mau lebih sepi dan leluasa pergi ke tempat ini sebaiknya hari Jumat atau Sabtu.
 
Pantai Natsepa

Pantai Plengkung, Banyuwangi
Pantai Plengkung merupakan suatu obyek wisata yang tidak hanya memiliki panorama yang indah, tetapi juga dikenal sebagai pantai yang cocok untuk olahraga selancar air (surfing) karena memiliki ombak yang besar. Konon, bagi sebagian wisatawan mancanegara, ombak di pantai ini, khususnya pada bulan Mei hingga Oktober, dianggap sebagai terbaik kedua setelah arena selancar air di Hawai.

Pantai Plengkung

Pantai Baron Jogja
Suasana di pantai itu terbilang cukup ramai, sejumlah pengunjung dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan bahkan Jakarta dan Surabaya memenuhi pantai yang berbentuk teluk tersebut. Karang batu yang mengelilingi pantai juga menambah ke eksotisan Pantai Baron. Sejumlah perahu nelayan juga terlihat berlabuh di tepi pantai. Puluhan warung makan dan juga pedagang souvenir bertaburan di sepanjang jalan menuju pantai.
 
Pantai Baron

Pantai Batee Puteeh
Tempat liburan yang cocok untuk keluarga yang ingin meluangkan liburannya bersama dengan keluarga besar. Pantai Batee Puteeh yang terletak kira-kira 3 km dari Meulaboh.
Pantai ini dikembangkan dan dijaga kebersihannya, tidak ada sampah yang menggagu pemandangan sehingga pemandangan terlihat sempurna. Ombak yang bergemuruh akan memberikan nada-nada penghilang jenuh setelah beberapa hari bekerja, kemudian dengan suara burung pantai yang berkicau dan berterbangan membuat susana lebih menyenangkan. Bibit pantai Batee Puteh lumayan luar, suasana masih alami, pasir putih membentang sepanjang pantai dan ombak yang bergulung sangat indah, dan penduduk sekitas pantai yang ramah.

Pantai Batee Puteh

Pantai Sendang Biru
Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi ketika lebarang nanti, pantai ini terletak di jawa timur, bernama sendang biru. Di beri nama sendang biru karena pantai ini memiliki mata air yang berwarna biru.  Lokasinya berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Selain sebagai gerbang masuk ke Pulau Sempu, Sendang Biru juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan di Malang.


Pantai Sendang Biru

Pantai Papuma
Pantai papuma terletak di pesisir Kota jember, jawa timur. Pesona yang ditawarkan pantai ini sangat luar biasa, hamparang pasir putih dan tujuh karang besar yang menghiasi bibir pantai. Masing-masing karang ini juga mempunyai nama yang unik, yaitu Pulau Nusa Barong, Pulau Kresna,Pulau Kajang, Pulau Narada, Pulau Kodok dan Pulau Batara Guru. Cara untuk menikmati pemandangan ke 7 karang ini adalah dengan cara menaiki bukit Sitihinggil. Dari atas bukit, anda bisa melihat pemangan secara bebas dan jajaran karang yang menghiasi pantai.

Pantai Papuma

Pantai/Pulau Gili Ketapang
Bila anda merencanakan lebaran di probolinggo, cobalah untuk mampir ke pulau Gili Ketapang,  Kondisi pulau ini masih asri dengan pemandangan alam yang masi orisinal dan asli. Laut yang bebas dari sampah dan pencemaran, disebelah timur dan selatan pesisir pulau banyak betebaran pasir putih.

Pantai Gili Ketapang

Pantai Watu Ulo
Lokasinya berada di kecamatan Ambulu, atau kurang lebih 40 kilometer dari kota Jember, dinamakan watu ulo atau dalam bahasa indonesia berarti batu ular dikarenakan karena rangkaian batu karang di sekitar pantai yang memanjang seperti ular. Di pantai watu ulo ini terdapat objek wisata lainya seperti goa Jepang, Goa Kelelawar dan beberapa fasilitas pendukung seperti taman bermain dan area berkemah.


Pantai Watu Ulo

Pantai Pangumbahan
Pantai pangumbahan berada di dekat pantai ujung genteng, kurang lebih 5 km ke arah barat daya jika anda dari ujung genteng. Karakter pantai yang nyaman dengan pasir putih seperti pantai cinatir. Anda akan melihat penangkaran penyu di pantai ini, adapula kegiatan melepaskan anak penyu ke laut lepas. Atau anda bisa menyaksikan langsung proses penyu bertelur di malam hari.

Pantai Pangumbahan

Pantai bajul mati
Pantai ini disebut pantai bajul mati karena pantai ini memiliki gugusan bukit di seberang pantai yang nampak seperti buaya atau bajul. Ada juga legenda yang mengatakan bahwa dahulu kala ada dua buaya atau dua bajul yang berkelahi dan mati di pantai ini.  Bajul Mati beach terletak di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, berjarak  58 Km menuju selatan dari kota Malang atau sekitar 10 hingga 20 menit dari Pantai Goa Cina. Keunikan dari pantai ini adalah memiliki teluk-teluk nan indah, serta seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, jika pantai ini memiliki dua bukit yang unik, bebernetuk seperti buaya mati.
Pantai bajul mati tidak bisa untuk berenang, pengunjung dilarang berenang di pantai ini, karena karakter dan struktur pantai bajul mati yang tergolong cukup curam dan berbahaya. Tetapi jangan kecewa, masih banyak spot lain yang bisa anda kunjungi. Di sebelah barat daya anda bisa bermain air dengan leluasi, spot yang indah dan bagus karena bisa dijadikan objek fotografi, selian itu ada juga jembatan Bajulmati menjadikan Pantai Bajulmati juga banyak digunakan untuk tempat berfoto. Warna lautnya juga sangat menwarn, biru dan ombak yang besar saling berkejar-kejaran. Membuat objek fotografi anda semakin sempurna.
Kawasan pantai memang cukup sepi, karena pengelolaan pantai ini baru dimulai pada tahun 2012.  Sekarang ada beberapa toko dan warung yang menjual beberapa makanan kecil dan kuliner khas pantai ini, pengunjung akan terlihat ramai ketika hari libur panjang atau pada waktu memperingati hari-hari besar, misalnya Idul Fitri, Mauludan dan lain sebagainya.

Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati

Pantai Takabonerate, Sulawesi Selatan
Pantai Takabonerate adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Di taman nasional ini, kita bisa melihat atol atau pulau karang terluas ketiga di dunia. 

Pantai Takabonerate

Pantai Laguna Helau, Lampung
Menyuguhkan panorama alam yang masih tak terjamah. Ada sebuah resor cantik yang langsung menghadap Selat Sunda. Resort pantai ini terletak dikota Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, merupakan resort alam pantai dengan fasilitas tersedia berupa family cottage dilengkapi dengan dapur dan perlengkapannya (kitchen ware, dining table,dll).
 
Pantai Laguna Helau

Pantai Pelawan, Bintan
Pasir putih seakan tak habis dipandang mata, lautan biru seakan mengintip dari jendela Anda dan pasangan. Resor ini sangat romantis, 61 vilanya terletak di antara hutan hujan tropis yang rimbun. Masing-masing vila berbentuk rumah panggung, bertengger di atas bukit dengan panorama teluk. Di bibir pantai, dikelilingi oleh hutan bakau yang indah. Kealamian pantai ini juga masih sangat terjaga terlihat dari bersihnya pantai. Pada bulan-bulan tertentu seperti akhir tahun, kawasan pantai ini sangat potensial untuk selancar karena ombaknya yang bergulung-gulung dan anginnya yang sangat pas.

Pantai Pelawan

Bebearapa pantai terkenal lainnya yang terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Pantai Kasih di Nangroe Aceh Darussalam
2. Pantai Cermin di Sumatera Utara
3. Pantai Air Manis di Sumatera Barat
4. Pantai Nala dan Panjang di Bengkulu
5. Pantai Ancol di Jakarta
7. Pantai Carita Banten
9. Pantai Panimbangan Kalimantan Barat
10. Pantai Nirwana Sulawesi Tenggara
13. Pantai Losiana NTT
14. Pantai Korem dan Jendi Papua
15. Pantai Tanjung Bira dan Losari Sulawesi Selatan


Tanjung
Berikut ini adalah tanjung yang terdapat di Indonesia:

Tanjung Benoa di Bali.
Tanjung Benoa terletak di ujung selatan pulau Bali, terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung Bali. Tanjung Benoa ini adalah nama pantai yang berujung sempit. Jarak tempuh bila hendak ke pantai ini kira-kira 12 km dari Bandara Ngurah Rai, lebih kurang 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.
Pantai Tanjung Benoa adalah salah-satu pantai yang cukup terkenal di Pulau Bali, dengan keindahan pantai dan wisata airnya yang beraneka ragam telah membuat pantai Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata air (watersports) dan menjadi salah salah objek tujuan wisata. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di pantai ini seperti bersantai bersama teman atau keluarga, berjemur, berjalan-jalan sepanjang pantai, berenang dan lain-lainnya.
Pantai Tanjung Benoa sangat tenang airnya, berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu yang berombak besar sehingga menjadikan kawasan  Tanjung Benoa ini sebagai satu-satunya tempat untuk permainan-permainan olah raga air yang menyenangkan.

Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Lesung, Banten
Pantai ini dinamakan Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu salah satu alat yang digunakan masyarakat tradisional Nusantara untuk menumbuk padi. Pantai-pantai di Tanjung Lesung Umumnya adalah pantai pasir dengan air lautnya yang biru. Pantai yang memiliki luas 1.500 hektar ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang wajib dikunjungi selain pantai lain yang terkenal di Banten.
Panorama pantai yang dibuka secara resmi pada tahun 1998 ini masih alami dengan pasir putih yang bersih dan karang – karang yang unik. Air lautnya jernih dengan ombak yang tenang. Berbagai olah raga air juga banyak terdapat di pantai ini seperti Jet ski, banana bout, hingga petualangan menelusuri Gunung Krakatau
Di bagian utara dari tanjung ini merupakan daerah perbukitan hijau yang tidak begitu curam. Disini terdapat bagian air laut yang menjorok ke pantai dan membentuk sebuah laguna yaitu seperti danau dengan luas 12 hektar dan kedalaman sampai 5 meter.

Tanjung Lesung

Tanjung Kalayang Belitung
Terletak di kecamatan sijuk meliputi area seluas 60 hektar, sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 km dengan lebar pantai  7 m pada saat pasang tertinggi, dan  10 m pada saat pasang terendah. Merupakan salah satu kawasan wisata pantai terkenal di Belitung, batu besar disini memiliki berbagai bentuk, ada yang seperti elang hendak terbang. Karakteristik pantainya berpasir putih dan laut biru yang tenang diantara batuan granit dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisir. Tanjung Kalayang terkenal dengan pemandangan pantai dimana terdapat pulau batu granit kecil, kira-kira 100 meter dari pantai. Bentuk pulau granit itu mirip seperti burung. Itulah yang menyebabkan tempat ini dinamakan Tanjung Kelayang (salah satu nama jenis burung yang banyak dijumpai di sana). Ukuran dari pulau kecil itu kira-kira 50m persegi.
Tanjung Kelayang adalah semenanjung yang menjorok ke arah Utara.Dengan pulau granit kelayang terletak sebelah Timur, Tanjung Kelayang adalah pantai berpasir putih sepanjang beberapa kilometer. Sebenarnya dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4km sampai ke Tanjung Tinggi.

Tanjung Kelayang

Delta
Berikut ini adalah delta yang terdapat di Indonesia:

Delta Mahakam
Delta Mahakam merupakan suatu kawasan delta yang terdiri dari beberapa pulau yang terbentuk akibat adanya endapan di muara Sungai Mahakam dengan Selat Makassar, Kalimantan Timur. Jika dilihat dari angkasa, kawasan delta ini berbentuk menyerupai bentuk kipas. Kawasan Delta Mahakam memiliki luas sekitar 150.000 ha (termasuk wilayah perairan). Namun jika dihitung luas wilayah daratan saja, luas kawasan ini mencapai kurang lebih 100.000 ha. Secara administratif, kawasan Delta Mahakam berada dalam wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya berada di Kecamatan Anggana, Muara Jawa, dan Sanga-Sanga. Kawasan Delta Mahakam merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, terutama minyak bumi dan gas alam (migas).

Delta Sungai Brantas
Delta Sungai Brantas adalah sebuah delta akibat pecahan dua Sungai Brantas, yaitu Kali Mas dan Kali Porong, pecahan dua sungai ini menyebabkan terbentuknya sebuah delta yang sangat luas. Secara administratif, Delta Brantas merupakan wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sebagian Kota Surabaya. Karena seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di kawasan Delta Brantas, Sidoarjo juga dikenal dengan sebutan Kota Delta. S. Brantas adalah sungai terpanjang kedua di Jatim (setelah Bengawan Solo) mempunyai panjang sekitar 320 km dengan luas DAS sekitar 12.000 km2 atau ekuivalen dengan 25% luas Provinsi Jawa Timur. Lembah S. Brantas tumbuh dan berkembang berbagai kota dengan segala macam peradabannya mengingat lembah S. Brantas merupakan daerah pertanian subur akibat adanya abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud.

Delta Sungai Bengawan Solo
Delta Sungai Bengawan Solo berada di daerah Sedayu wilayah kabupaten Gresik. Pada Delta ini sengaja dibuat kanal oleh manusia, tepatnya sejak zaman Hindia Belanda. Delta Bengawan Solo ini menghasilkan sedimentasi sebanyak 17 juta ton lumpur per tahun.
Delta Pangkah merupakan salah satu hasil modifikasi sungai Bengawan Solo di bagian hilir.

Delta Memberamo Papua
Delta Mamberamo merupakan hasil dari sebuah fenomena alam yang diperkirakan berukuran 950.000 hektar yang menutupi 12% cekungan Mamberamo. Daerah tersebut tidak diragukan lagi sebab daerah tersebut kaya akan sumber daya alam dan lingkungan yang potensial untuk dikembangkan sebagai pusat kegiatan perekonomian khususnya di Provinsi Papua dan Indonesia pada umumnya. Delta Mamberamo merupakan kawasan yang unik di lempeng Mamberamo.

Delta Sungai Musi
Delta sungai musi membentuk sebuah segitiga ketika dilihat dari atas. Bagian tepi luar delta ini tererosi, dan salinitas beberapa laguna telah meningkat karena bertambahnya saluran sungai di selat Bangka. Material-material sedimen yang di bawah oleh sungai musi akan diendapkan di muara sungai.

 

BERBAGAI  KENAMPAKAN  ALAM  DI  WILAYAH PERAIRAN  INDONESIA

Danau
Berikut ini adalah Danau yang terdapat di Indonesia:

Danau Toba di Sumatera Utara
Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas olehmagma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.
Danau Toba

Danau Toba

Danau Sentani
Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.
Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di danau sentani. Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahun, FDS sendiri telah ditetapkan sebagai festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.
Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik danau sentani yaitu ikan gabus danau sentani (Oxyeleotris heterodon), Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), Ikan Pelangi Merah(Glossolepis incisus) dan Hiu gergaji (Pristis microdon). Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. Diantara ketiga ikan endemik danau sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan gabus danau sentani,hal ini dikarenakan telur ikan ini dimakan oleh ikan gabus dari jenis yang lain.
Danau Sentani

Danau Tondano
Danau Tondano adalah danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini dilingkari dengan jalan provinsi dan menghubungkan kota Tondano,Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabospayangka wiko (udang kecil), nikesepat siang(arwana),tawes,pongkor,bontayan,lobster hitam,guramekupu-kupu,karper.
Luas danau ini 4.278ha, dan terdapat pulau kecil bernama Likri (depan desa Tandengan kecamatan Eris)dan pulau papalembet depat toulumembet. Di tepi Danau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Konon danau ini terjadi karena letusan yang dahsyat karena ada kisah sepasang insan manusia yang berlainan jenis melanggar larangan orang tua untuk kawin (bahasa Minahasa: kaweng) dengan nekat lari (tumingkas) di hutan. Sebagai akibat melanggar nasihat orang tua maka meletuslah kembaran gunung kaweng tersebut sehingga menjadi danau Tondano.
Danau Tondano mempunyai obyek wisata yang terkenal “Sumaru Endo” Remboken, dan Resort Wisata Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki).Gua tikus tasuka, Dari tepian danau Tondano (Toliang Oki), kita dapat melintas puncak Bukit Lembean dan memandang keindahan Laut Maluku (di sebelah timur), tepatnya kawasan Tondano Pante (Kecamatan Kombi), Kabupaten Minahasa.Pondok kinakas.(dapat dilihat di atas ktr.camat kakas dan boulevard tontimomor.( Doakan agar sepat siang,karper,tawes tidak punah).

Danau Tondano

Danau Maninjau
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.
Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.
Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.
Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel(Maninjau Indah Hotel, Pasir Panjang Permai) serta penginapan dan restoran.
Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayahTaman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi pendaki gunung, Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia [3805 mdpl], namun bagi wisatawan yang ingin sekedar menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci, Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki. Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis.
Pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat sampai Danau Gunung Tujuh memerlukan waktu dua sampai tiga jam. Dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat, ada dua pilihan jalur pendakian. Jalur pertama, lebih landai namun jarak tempuhnya lebih jauh dan jalur kedua, memiliki tanjakan yang curam namun jaraknya lebih dekat. Kedua jalur itu akan bertemu dan setelah itu para pendaki harus melewati jalur menurun yang cukup tajam yang akan sampai di tepi Danau Gunung Tujuh. Dari situ, para pendaki dapat langsung melihat danau tertinggi di Asia Tenggara itu. Selain sebagai tempat wisata, Danau Gunung Tujuh juga di gunakan penduduk lokal sebagai sumber mata pencaharian, beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai Nelayan dan mencari ikan di danau tersebut. jika kita berkunjung ke Danau Gunung Tujuh kita bisa menyewa Sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau.

Danau Gunung Tujuh

Danau Segara Anak
Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat,Indonesia. Nama Segara Anak berarti anak lautdiberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Segara Anak merupakan sebuah danau yang terletak di kaldera gunung Rinjani Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Segara (laut) anak berarti anak laut yang di yakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke dalam sebuah pulau. Hal ini di dasari atas warna air yang biru seperti laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika anda mendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl), umumnya Tour Guide akan membawa anda melintasi danau ini dan bermalam di sana.
Banyak hal menarik yang dapat dilakukan di danau ini. Di danau ini terdapat banyak ikan mulai dari ikan nila, mas, dan mujair. Ikan-ikan ini sengaja dikembangbiakkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk menambah daya tarik tersendiri dari danau segara anak. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan pancing bagi anda yang berminat mendaki gunung Rinjani.
Para pendaki Gunung Rinjani banyak yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah disamping danau untuk memberikan sesajen pada dewa didasar danau. Dari danau terlihat sebuah gunung volcano (Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi)yang merupakan anak gunung rinjani dan didekatnya terdapat sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit. Di kawasan perkemahan di dekat danau segara Anak ini terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini bahwa apa yang kita inginkan dapat terkabul. Mitos yang berkembang di masyarakat setempat bahwa jika anda memiliki keinginan yang belum sempat terkabul maka gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini kemudian ucapkan keinginan anda. Jika keinginan anda tercapai, maka batu yang anda gantungkan sebelumnya harus segera dilepaskan. Menurut masyarakat setempat, jika anda tidak mengembalikan batu tersebut maka keinginan yang telah anda raih akan kembali sirna.
Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan ke indahan Danau tersebut. Danau Segara Anak luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m.

Danau Segara Anak

Danau Poso
Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.
Danau ini terletak pada ketinggian 657 m. Danau Poso merupakan salah satu Danau terindah di dunia dengan Pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di Dasar Danau. Danau poso terletak di Kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena. Ada beberapa keunikan Danau ini yang dapat dinikmati oleh para Visitor antara lain : Ikan Mujair, Nilam, Lele, Ikan Mas dsb. Tetapi yang paling unik adalah Ikan Sugili yang sekarang populasinya hampir punah yang disebabkan oleh semakin bertambahnya penduduk dan mungkin juga disebabkan karena dibangunnya Mega proyek PLTA Sulewana yang berperan sangat besar dalam memutuskan Mata Rantai perkembangbiakan jenis Ikan langka ini. Menurut kisah bahwa pada saat-saat ikan ini akan berkembangbiak, mereka akan melakukan Migrasi ke muara sungai yang bertemu dengan air laut dan selanjutnya ketika anak-anak sugili menanjak dewasa, mereka akan kembali ke danau. Tetapi ketika Mega Proyek PLTA dibangun diantara Poso dan Tentena maka secara otomatis sistem perkembangbiakan populasi Sugili yang hanya dapat terjadi secara alamaiah inipun mengalami masalah besar, sehingga keberlangsungan populasi ikan ini dalam waktu dekat diprediksi akan mengalami stop atau mengalami kepunahan seperti populasi ikan bungu populasi khas Danau Poso yang tidak lagi dapat dijumpai. Disamping itu terdapat fenomena alam yang berbau mistis yaitu Lampu Danau yang merupakan salah satu keunikan juga sewaktu-waktu dapat disaksikan pada waktu malam hari.

Danau Poso

Danau Poso

Danau Paniai
Danau Paniai merupakan salah satu danau yang patut untuk dikunjungi di Provinsi Papua. Pemandangan yang cantik khas pulau ujung timur Indonesia siap menghipnotis Anda. Objek wisata ini berada di wilayah Kecamatan Paniai timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Air danau yang biru berkolaborasi dengan sinar matahari menjadi pemandangan mata yang jarang kita temukan di kota-kota besar sekaligus memanjakan mata.
Danau Paniai memiliki luas sekitar 14.500 hektar, hal tersebut bisa memberikan ruang bagi wisatawan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan ketika berekreasi ke danau ini. Berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut sudah tentu membuat kawasan ini terasa sejuk. Tidak hanya pemandangan dan kesejukan saja yang menjadi daya tarik objek wisata ini, kekayaan bawah air juga menjadi andalan Danau Paniai. Aneka jenis ikan air tawar serta udang menghiasi danau ini.
Untuk bisa sampai Danau Paniai, kita dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus jenis Mitsubishi Strada yang dapat diandalkan untuk melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.
Selain menikmati keeksotisan Danau Paniai dari pinggir danau, kita dapat mencoba suasana lain, seperti memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar untuk mengelilingi danau yang luas itu. Selain menikmati biru danau dan gemericik air yang dibelah laju perahu, kita dapat juga menggunakan momen tersebut untuk mengabadikan kawasan danau dari berbagai sisi.
 
Danau Paniai


Danau Paniai

Danau Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektar. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Sebuah danau menyuguhkan eksotisme di tengah pendakian menuju Mahameru, puncak Gunung Semeru, Jatim. Kecantikannya menghapus segala lelah di perjalananjauh ini. Ranu Kumbolo ada sebuah danau di Gunung Semeru dan berada di ketinggian 2.400 mdpl. Pemandangan danau paling indah adalah ketika matahari terbit yang terlihat di celah bukit.
Ketika malam tiba, Ranu Kumbolo akan menghadirkan langit dengan taburan bintang. Begit menengok ke langit, tampaklah lautan bintang yang menakjubkan. Biasanya, Ranu Kumbolo biasa digunakan sebagai kamp bagi pendaki Gunung Semeru. Inilah danau yang menyuguhkan pesona di tengah rute perjalanan pendaki, menuju puncak abadi para dewa “Mahameru”. Kehadirannya mengobati segala jerih payah pendaki setelah cukup jauh berjalan.

Danau Ranu Kumbolo

Danau Rawa Pening
Rawa Pening (“pening” berasal dari “bening”) adalah danau sekaligus tempat wisata air di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.
Danau ini mengalami pendangkalan yang pesat. Pernah menjadi tempat mencari ikan, kini hampir seluruh permukaan rawa ini tertutup eceng gondok. Gulma ini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu. Usaha mengatasi spesies invasif ini dilakukan dengan melakukan pembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalam kerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi.Rawa ini digemari sebagai obyek wisata pemancingan dan sarana olahraga air. Namun akhir-akhir ini, perahu nelayan bergerak pun sulit.

Danau Rawa Pening

Danau Bratan
Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, Danau Bratan terbilang cukup istimewa.
Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.
Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

Danau Bratan

Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggröe Aceh Darussalam. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota TAKENGON, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).
Ada 25 aliran krueng yang bermuara ke Danau Laut Tawar dengan total debit air kira-kira 10.043 liter per detik. Rerata kedalaman danau: 35 meter
Ditemukan 46 jenis plankton , eceng gondok, dan kiambang juga dapat ditemukan hidup di pinggiran danau. Ditemukan pula 3 jenis moluska, 1 jenis annelida, 37 jenis ikan, dan 49 jenis serangga yang hidup di kawasan Danau Laut Tawar. Untuk hewan yang hidup di sekitar danau, ditemukan 20 spesiesmamalia yang terbagi atas 13 famili, beberapa diantaranya termasuk hewan yang dilindungi, antara lain binturung, pukas, trenggiling, landak, kancil, napu, owa, siamang, tanado, harimau, kucing hutan, rusa, dan kijang.

Danau Laut Tawar

Danau Batur
Objek wisata Danau Batur ini terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Kawasan wisata ini menawarkan keindahan Gunung Batur dengan danaunya yang sangat menawan, dan untuk mencapai kawasan ini dapat ditempuh 2 jam dengan berkendara dari Kota Denpasar.
Di daerah ini terdapat sebuah desa tua (kuno) yang merupakan desa tradisional Bali asli yang bernama Desa Trunyan. Tidak seperti desa kebanyakan di Bali, di desa ini jika ada orang yang meninggal, maka mayat orang tersebut bukan di kubur melainkan di taruh di atas sebuah batu yang memiliki 7 cekungan dan hanya dipagari oleh bambu anyam. Anehnya walau mayat tersebut ditaruh begitu saja tanpa proses pembalsaman, tetap saja mayat tersebut tidak mengeluarkan bau. Rahasianya karena di daerah tersebut terdapat Taru Menyan (Pohon Menyan) yang mana bau yang dikeluarkan oleh pohon tersebut mampu mengalahkan bau dari jasad disana.

Danau Batur

Danau Ranau di Sumatera Selatan dan Lampung
Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Indonesia (berdasarkan volume air). Danau vulkanik ini terletak di kabupaten lampung Barat (Lampung) dan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Sumatera Selatan). Berada diketinggian 540 meter, danau ini memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125.9 km2, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km3.

Danau Ranau

Danau Singkarak di Sumatera Barat
Danau Singkarak merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah datar, Sumatera Barat berada di elevansi 362 m. Danau Singkarak mempunyai ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km2. Kedalaman maksimalnya mencapai 268 meter dengan volume air mencapai 16,1 km3.
 
Danau Singkarak

Danau Towuti di Sulawesi Selatan
Danau Towuti merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Luwu Timur. Dengan luas permukaannya mencapai 561 km2 mengukuhkannya sebagai danau terluas kedua di Indonesia. Berada di ketinggian 293 m, mempunyai kedalaman maksimal 203 m.

Danau Towuti

Danau Matano di Sulawesi Selatan
Danau matano terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi danau yang paling dalam di Indonesia, bahkan berada diurutan ke-11 dalam daftar danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimal mencapai 590 meter. Letaknya berada di ketinggian 382 meter dpl dengan luas permukaan mencapai 164 km2.

Danau matano


Danau Tempe di Sulawesi Selatan
Danau Tempe yang terdapat di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dengan luas permukaan 350 km2 menjadi danau terluas kedua di Sulawesi. Sayang akibat sendimentasi, kedalamannya terus berkurang hingga kini tinggal sekitar 5 meter saja yang mengakibatkan volume air yang mampu ditampungnya pun semakin berkurang.
Danau Tempe


Danau Kelimutu
Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo”merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.
Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter. Gunung Kelimutu sendiri terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur
Kamu dijamin akan berdecak kagum ketika mengunjungi danau yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini. Danau ini disebut Labuan Cermin karena airnya begitu jernih sehingga kita bukan hanya bisa bercermin, namun juga mengamati berbagai karang, satwa air, bahkan sepotong ranting kecil yang terdapat di dasar danau. Bukan hanya itu di sini kita bisa menyaksikan keajaiban fenomena alam lain karena Danau Labuan Cermin terdiri dari air laut di bagian bawah, dan air tawar di bagian atasnya. Kalau hobi snorkeling, kita bisa melihat bagaimana satwa air tawar dan air laut dapat hidup bersama di satu tempat.

Danau Labuan Cermin

Danau Satonda, Nusa Tenggara Barat
Danau tercantik berikutnya terletak di Pulau Satonda yang terletak di Desa Nangamiro, Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Berkat proses alam yang terjadi beratus tahun yang lampau, danau ini memiliki keunikan berupa air yang asin, bahkan lebih asin daripada air laut yang terdapat di sekitarnya. Kamu pasti akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin air laut bisa masuk ke danau ini sementara tidak ada celah diantara danau dengan laut yang bisa menghubungkan keduanya? Menurut para ahli, hal ini terjadi karena air laut merembes melalui dinding kawah dan mengakibatkan tidak banyak satwa air yang bisa kita temukan disana, selain beberapa jenis ikan kecil dan alga merah. Tapi, kita masih bisa ber-snorkeling di sekitar Pulau Satonda yang tenang dan berpasir putih.
Sekitar tahun 2008 seorang peneliti asal UGM Jogjakarta menyatakan bahwa terumbu karang di Danau Satonda mengandung gas alam dan minyak bumi, yang menjadi indikasi adanya potensi kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Adanya larangan terhadap segala bentuk eksploitasi di Danau dan Pulau Satonda memang berhasil menghindarkan tempat cantik ini dari kerusakan.

Danau Satonda

Danau Kakaban, Kalimantan Timur
Danau Kakaban secara sepintas mirip dengan Danau Satonda. Proses terbentuknya Danau Kakaban tepatnya dimulau sejak zaman prasejarah, yaitu ketika air laut yang masuk ke Pulau Kakaban karena pasang naik tak bisa keluar, terperangkap dan tercampur dengan air hujan dan air tanah. Proses selama ribuan tahun ini menjadikan Danau Kakaban sebagai salah satu ekosistem unik dan hanya dua tempat saja di dunia ini yang memiliki keunikan ini, yaitu Danau Kakaban dan Danau Ubur-ubur Palau di Kepulauan Micronesia.
Danau Kakaban adalah satu-satunya tempat dimana kita akan bisa menjumpai ubur-ubur yang berjalan dengan bagian kaki yang berada di atas, dan beraneka ragam hewan air yang memancarkan cahaya jika hari mulai gelap. Selain itu, Danau Kakaban juga dihuni kepiting, teripang, ular laut dan banyak sekali satwa yang belum diketahui jenisnya. Inilah yang membuat Danau Kakaban perlu dijaga kelestariannya sebagai konservasi alam bagi satwa dan tumbuhan misterius yang belum terungkap identitasnya.
Danau Kakaban



Sungai
Berikut ini adalah Sungai yang terdapat di Indonesia:

Sungai Kapuas di Kalimantan Barat
Sungai Kapuas atau sungai batang Lawai (Laue merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang dipulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.178 km. Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.
 
Sungai Kapuas

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur
Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam. Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

Sungai Mahakam

Sungai Barito Kalimantan
Sungai Barito atau sungai Dusun atau sungai Banjar Besaratau Sungai Banjarmasin adalah wilayah di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Barito. Sungai ini memiliki panjang sekitar 900 km. Nama Barito diambil berdasarkan nama daerah Barito yang berada di hulu termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah, tetapi sering dipakai untuk menamakan seluruh daerah aliran sungai ini hingga ke muaranya pada Laut Jawa di Kalimantan Selatan yang dinamakan Muara Banjar/Kuala Banjar. Sendimentasi atau pendangkalan di sungai Barito semakin parah akibat semakin meluasnya alih fungsi lahan dari hutan tropis/hutan bambu menjadi lahan kelapa sawit/karet serta berkurangnya tutupan lahan di Kalimatan Selatan dan Kalimantan Tengah. 
 
Sungai Barito

Sungai Batang Hari di Sumatera Barat
Batang Hari (atau Sungai Hari) adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera sekitar 800 km. Mata airnya berasal dari Gunung Rasan (2585 m, dan yang menjadi hulu dari Batang Hari ini adalah sampai kepada Danau Diatas, yang sekarang masuk kepada wilayah Kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, dan mengalir ke selatan sampai ke daerah Sungai Pagu, sebelum berbelok ke arah timur. Aliran dari sungai ini melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebelum lepas ke perairan timur sumatera dekat Muara Sabak. Pada Batang Hari ini ada banyak sungai lain yang bermuara padanya diantaranya Batang Sangir, Batang Merangin, Batang Tebo, Batang Tembesi, dan lain sebagainya. Sistem aliran sungai ini membawa banyak deposit emas, sehingga muncul nama legendaris Swarnadwipa ("pulau emas") yang diberikan dalam bahasa Sanskerta bagi Pulau Sumatera.

Sungai Batang Hari

Sungai Musi di Sumatera Selatan
Sungai Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.

Sungai Musi

Sungai Memberamo di Papua
Sungai Mamberamo adalah sebuah sungai sepanjang 670 km yang terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Nama "Mamberamo" berasal dari bahasa Dani — mambe berarti 'besar' dan ramo berarti 'air'. Beberapa suku terasing bermukim di lembah sungai yang kaya akan keanekaragaman hayati ini, karenanya Mamberamo dijuluki 'Amazonnya Papua'. Sungai Mamberamo merupakan sungai dengan lebar terbesar di Indonesia.

Sungai Mamberamo

Bengawan Solo-Jawa Tengah/Jawa Timur
Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, selanjutnya bermuara di daerah Gresik. "Bengawan" dalam bahasa Jawa berarti "sungai yang besar". Di masa lalu, sungai ini pernah dinamakan Wuluyu, Wulayu, dan Semanggi (dieja Semangy dalam naskah bahasa Belanda abad ke-17. Sungai ini panjangnya sekitar 548 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bengawan Solo

Sungai Digul-Papua
Sungai Digul adalah salah satu sungai yang terbesar di Irian Jaya. Sungai ini panjangnya sekitar 546 km. Sungai ini mengalir dan bermuara di pantai Digul perairan Laut Arafura. Perairan ini merupakan badan air terakhir dari sungai-sungai yang mengalir ke sebelah Barat Irian Jaya. Sungai Digul berasal dari selatan Pegunungan Sterren di bagian timur tengah Papua. Sungai ini mengalir dari wilayah selatan dan barat hingga ke Laut Arafura. Sungai ini juga dikenal sebagai Tanah Merah.

Sungai Digul

Sungai Indragiri
Merupakan salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Panjangnya mencapai 500 km. Wilayah-wilayah yang dilalui aliran sungai ini antara lain Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan juga Provinsi Riau (Indragiri Hulu-Hilir). Sungai ini bermuara di perairan Laut China Selatan.
Panjang Sungai: 500 km
Mata Air               : Berasal dua sungai yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar
Hilir                        : Selat Malaka
Lokasi                   : Pulau Sumatera (Provinsi Riau)


Sungai Indragiri


Sungai Seruyan
Terletak di  Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sungai Seruyan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang yang mencapai 350 km. Lebar sungai mencapai 300 meter dengan kedalaman rata-rata 6 meter.
Panjang Sungai: 350 km
Mata Air               : Bagian Utara Provinsi Kalimantan Tengah
Hilir                        : Laut Jawa
Lokasi                   : Pulau Kalimantan (Kalimantan Tengah)



Sungai Seruyan

 


Laut
Di Indonesia terdapat beberapa laut yang menghubungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah  Laut di Indonesia:

Laut Arafuru
Laut Arafura atau Laut Arafuru adalah wilayah perairan yang berada di antara Australia dan Pulau Papua, di Samudra Pasifik. Luasnya adalah 650.000 km² dan kedalaman maksimalnya adalah 3,68 km.
 
Laut Arafuru

Laut Banda
Laut Banda adalah sebuah laut yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Laut berukuran 500x1.000 km ini terpisah dari Samudra Pasifik oleh beratus-ratus pulau, serta Laut Halmahera dan Seram. Pulau-pulau yang berbatasan dengan Laut Banda antara lain: Sulawesi di sebelah barat, Buru, Ambon, Seram,kepulauan Kai, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Barat Daya, dan Timor. Di sisi ujung laut ini terdapat banyak pulau berbatu, berbeda dengan di bagian tengahnya. Kepulauan Banda terletak di tengah laut ini.

Laut Banda

Laut Jawa
Laut Jawa adalah perairan dangkal dengan luas kira-kira 310.000 km2 di antara Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan Sulawesi di gugusan kepulauan Indonesia. Di barat lautnya, Selat Karimata yang menghubungkannya dengan Laut China Selatan. Di bagian barat daya, laut ini terhubung ke samudra Indonesia melalui selat Sunda. Di Laut Jawa terdapat beberapa gugusan pulau dan kepulauan: Kepulauan Seribu di utara Kabupaten Tangerang dan secara administratif masuk dalam wilayah DKI Jakarta, Kepulauan Karimun Jawa yang masuk administrasi Jawa Tengah, Pulau Bawean dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Kepulauan Masalembo, dan Pulau Kangean beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya yang berada di bawah administrasi Provinsi Jawa Timur. Perikanan adalah kegiatan ekonomi penting di Laut Jawa. 

Laut Jawa

Laut Flores
Laut Flores adalah laut yang terdapat di sebelah utara Pulau Flores. Laut ini juga menjadi batas alami antara Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Provinsi Sulawesi Selatan. Di sebelah utara Laut Flores terdapat gugusan pulau-pulau kecil, diantaranya Kepulauan Bonerate dan Pulau Kalaotoa. Laut Flores memiliki kedalaman hingga 5.123 meter. Laut Flores mencakup 93.000 mil persegi (240.000 km²) air di Indonesia. Laut Flores dari dinamai Pulau Flores.

Laut Flores

Laut Flores

Laut Sawu
Laut Sawu adalah laut yang terdapat di antara Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Secara administratif, Laut Sawu termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Laut Sawu memiliki kedalaman hingga 3.497 meter dan mencakup area seluas sekitar 3,5 juta hektare. Laut ini termasuk ke dalam cagar alam laut  sejak awal 2009, dan merupakan bagian dari Segitiga Terumbu Karang.  

Laut Sawu

Laut Timor
Laut Timor (Bahasa Portugis: Mar Timor) adalah perpanjangan Samudera Hindia yang terletak antara pulau Timor, kini terbagi antara Indonesia dan Timor Leste, dan Teritorial Utara Australia. Di timur berbatasan dengan Laut Arafura, secara teknis perpanjangan Samudera Pasifik. Laut Timor memiliki 2 teluk kecil di pesisir Astralia utara, Teluk Joseph Bonaparte dan Teluk van Diemen. Kota Australia Darwin ialah satu-satunya kota besar yang terletak di tepi laut Timor. Laut ini memiliki luas 480 km (300 mil), meliputi darah sekitar 610.000 km persegi (235.000 mil persegi). Titik terdalamnya ialah Palung Timor di utara , yang mencapai kedalaman 3.300 m (10.800 kaki). Bagian lainnya lebih dangkal, dengan rata-rata kedalaman yang kurang dari 200 m (650 kaki). Merupakan tempat utama untuk badai tropis dan topan.

Laut Timor

Laut Sulawesi
Laut Sulawesi di barat Samudra Pasifik dibatasi oleh Kepulauan Sulu, Laut Sulu, dan Pulau Mindanao, Filipina, di utara, di timur oleh rantai Kepulauan Sangihe, di selatan oleh Sulawesi, dan di barat oleh Kalimantan, Indonesia . Laut ini berbentuk basin besar, dan kedalamnya mencapai 6.200 m. Memanjang 420 mil (675 km) utara-selatan dengan 520 mil (837 km) timur-barat dan wilayah permukaan totalnya 110.000 mil persegi (280.000 km persegi). Laut ini membuka ke barat daya melalui Selat Makassar ke Laut Jawa.

Laut Sulawesi

Laut Maluku
Laut Maluku terletak di barat Samudra Pasifik yang terletak di dekat Provinsi Maluku, Indonesia. Laut ini membatasi Laut Sulawesi di utara dan Laut Banda di selatan. Pulau pulau yang membatasi laut ini adalah kepulauan Indonesia seperti Halmahera, Seram, Buru, dan Sulawesi (Celebes).

Laut Maluku

Laut Seram
Laut Seram adalah salah satu dari beberapa laut kecil di kepulauan Indonesia. Laut ini merupakan bagian dari Samudra Pasifik dengan luas kira-kira 12.000 kilometer persegi terletak di antara Buru dan Seram. Laut Seram juga merupakan habitat untuk beberapa jenis goby tropis dan ikan lain. Seperti banyak laut kecil yang lain di Indonesia, laut ini berbatu dan memiliki aktivitas tektonik yang sangat aktif.

Laut Seram


Teluk
Berikut ini adalah Teluk yang terdapat di Indonesia:

Teluk Saleman
Keindahan dan kedamaian merupakan lanskap batin bagi orang-orang yang sudah mencicipi keeksotisan Negeri Saleman. Lingkungan rumah penduduk setempat yang mungil namun asri diapit oleh air laut dan tebing pipih setinggi kurang-lebih 400 meter yang di balut dengan vegetasi hijau lalu terhampar didepannya pantai berpasir putih dengan nyiur melambai-lambai.
Bentang alam indonesia memang memukau, salah satunya ada di negeri saleman yang terletak di Teluk Sulaiman, Pulau Seram, Maluku, Indonesia. Kearifan lokal, pantai pasir putih, terumbu karang, pegunungan karst hijau menjulang merupakan keindahan yang akan menghilangkan penat. Tak hanya itu tentunya, kekayaan laut negeri saleman juga ‘ Mumpuni ‘, Penduduk setempat mengambil hasil laut untuk diolah lalu dijadikan makanan sehari-hari dan dijual. Selain sebagai nelayan, Penduduk setempat juga berkebun pada umumnya mereka menanam cokelat.

Teluk Sulaiman

Teluk Banten
Teluk Banten adalah sebuah teluk di Provinsi Banten, dekat ujung barat laut Pulau Jawa, Indonesia. Merupakan bagian dari Laut Jawa dan luas wilayah permukaan totalnya 150 km² dan kedalaman rata-rata 7 m, yang termasuk ekosistem bawah laut seperti ladang rumput laut, terumbu karang, dan cagar alam burung internasional utama.Daerah pesisirnya, termasuk Kota Serang di dekatnya dan Pelabuhan Merak sedang mengalami industrialisasi yang cepat.

Teluk Jakarta(Jakarta)
Teluk Jakarta adalah sebuah teluk di perairan laut Jawa yang terletak di sebelah utara provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Di teluk ini, bermuara 13 sungai yang membelah kota Jakarta.Teluk Jakarta yang luasnya sekitar 514 km2 ini merupakan wilayah perairan dangkal dengan kedalaman rata-rata mencapai 15 meter. Kepulauan Seribu yang terdiri atas 108 pulau adalah gugusan kepulauan yang berada di Teluk Jakarta.

Teluk Lada(Banten)
Teluk Lada adalah teluk yang terletak di Selat Sunda, di sisi barat daya Provinsi Banten. Teluk ini adalah bagian laut yang membatasi sisi utara Ujung Kulon. Teluk Lada pernah menjadi daerah pelabuhan yang cukup ramai sebelum letusan besar Gunung Krakatau tahun 1883. Kala itu ia masih dinamakan dengan bahasa Belanda, Pfeferbai. Setelah disapu tsunami, daerah itu dinyatakan tertutup untuk pemukiman dan sisi selatannya kemudian dikembangkan menjadi cagar alam.

Teluk Penyu
Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.

Green Bay
Green Bay adalah Teluk Indah yg Berair Hijau di Banyuwangi Kalau biasanya anda melihat air laut berwarna biru, pada Teluk indah yang posisinya diapit antara pantai Rajegwesi dan pantai Sukamade Banyuwangi ini airnya berwarna hijau, maka teluk ini diberi nama Teluk Hijau atau biasa juga disebut dengan istilah Green Bay yang warna airnya menentramkan hati bila dipandang mata.

Green Bay


Teluk Kiluan
Teluk Kiluan di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga perlu keterampilan dalam mengemudikan Kendaraan Bermotor untuk melewatinya.

Teluk Kiluan


 Berikut ini adalah daftar lengkap nama teluk di Indonesia.
No.
Nama Pulau
Nama Teluk
1.
Jawa
Teluk Bandialit, Teluk Banyubiru, Teluk Ciasem, Teluk Ciletuh, Teluk Damas, Teluk Grajagan, Teluk Kasuaris, Teluk Kujo, Teluk Keusiklega, Teluk Koripan, Teluk Lemaring, Teluk Lenggasana, Teluk Lenth, Teluk Lorogan Cilintang, Teluk Meru, Teluk Muara Bagong, Teluk Muara Bekasi, Teluk Muara Blacan, Teluk Muara Sembilangan, Teluk Muara Tawar, Teluk Nglarap, Teluk Nglonyo, Teluk Pacitan, Teluk Panggul, Teluk Pangpang, Teluk Pelabuhan Ratu, Teluk Penanjung Barat/Parigi, Teluk Penanjung, Timur/Pangandaran, Teluk Permisan, Teluk Pisang, Teluk Popoh, Teluk Prauremak, Teluk Prigi, Teluk Rajegwesi, Teluk Sene, Teluk Slamadarang, Teluk Sumbreng, Teluk Tapen, Teluk Teluktrina
2.
Sumatera
Teluk Aru,Teluk Asin, Teluk Balok, Teluk Baruga , Teluk Baruk, Teluk Bayur, Teluk Belantung, Teluk Belimbing, Teluk Benawang, Teluk Betumango, Teluk Bintan, Teluk Brang, Teluk Brassi, Teluk Buding, Teluk Bungus, Teluk Calang, Teluk Dalam, Teluk Enggano Teluk Galei, Teluk Kampa, Teluk Karangberak, Teluk Katorai, Teluk Kembungluar, Teluk Kiowa, Teluk Klabat, Teluk Kru, Teluk Kruengraba, Teluk Labuan Agung, Teluk Labuan Bajau, Teluk Labuan Keramat, Teluk Labuanhunik, Teluk Labuhan Tengor, Teluk Lampung, Teluk Langsa, Teluk Lassihing, Teluk Lho Balohan, Teluk Lho Daya, Teluk Lho Kruet, Teluk Lho Kruet/Blang Raya , Teluk Lho Lam Baro, Teluk Lho Leuen Bale, Teluk Lho Paru, Teluk Lho Pria laof, Teluk Lhok Dalam, Teluk Licin, Teluk Limau, Teluk Limbong, Teluk Lugu Ama Selatu, Teluk Lugu Angkeuw, Teluk Lugu Dalam, Teluk Lugu Devayan, Teluk Lugu Kemo, Teluk Lugu Larao, Teluk Lugu Levu Eu Banua, Teluk Lugu Sibaboh, Teluk Mariabah, Teluk Membalong, Teluk Minsa, Teluk Nipahsiandan, Teluk Paku, Teluk Paleh, Teluk Papal, Teluk Pasir, Teluk Pedada, Teluk Pegadungan, Teluk Pering, Teluk Pesepea/n, Teluk Pugung, Teluk Punduh, Teluk Ratai, Teluk Raya, Teluk Sabang, Teluk Sabeugukguk/Sabengukgung, Teluk Sabigo, Teluk Sarabua, Teluk Sekacang, Teluk Sekanak, Teluk Semangko, Teluk Sembulu, Teluk Sesaipanjang, Teluk Siberimanua, Teluk Siberut, Teluk Siburu, Teluk Silogui, Teluk Simabai, Teluk Simalandan, Teluk Sinabang, Teluk Subeleng, Teluk Sungai Bungin , Teluk Sungaipinang, Teluk Taileleu/Taileuleu, Teluk Tampang, Teluk Tarusan, Teluk Tatiri, Teluk Telaga, Teluk Tembilahan, Teluk Teupin Anu, Teluk Teupin Reuteue, Teluk Tinggi , Teluk Tinopo, Teluk Tiop, Teluk Ujungpulau, Teluk Umbar, Teluk Veeckens
3.
Kalimantan
Teluk Adang, Teluk Apar, Teluk Air Hitam, Teluk Balikpapan, Teluk Bakong, Teluk Burung, Teluk Golok, Teluk Kluang, Teluk Klumpeng Teluk Kota Waringin, Teluk Kramat, Teluk Kumai, Teluk Lanun, Teluk Menumbar , Teluk Muara, Teluk Nuri, Teluk Pacak, Teluk Pamukan, Teluk Sampit, Teluk Sandaran, Teluk Sangkulirang, Teluk Sebangan, Teluk Sengiap, Teluk Sibuko, Teluk Sukadana, Teluk Suleman, Teluk Sumbang
4.
Sulawesi
Teluk Bangkalan, Teluk Belang-Belang, Teluk Bone, Teluk Malasoro, Teluk Mamuju, Teluk Mandar, Teluk Pasangkayu, Teluk Ampana, Teluk Lamata, Teluk Palu, Teluk Peleng, Teluk Poh, Teluk Poso, Teluk Tolo, Teluk Towori, Teluk Bingkoka, Teluk Kalono, Teluk Kaluku, Teluk Kendari, Teluk Kora, Teluk Lahia, Teluk Lasolo, Teluk Lawelu, Teluk Pasarwajo, Teluk Tallabasi, Teluk Dago, Teluk Manalu, Teluk Miulu, Teluk Ngalipaeng, Teluk Paleleh, Teluk Peta, Teluk Taluda, Teluk Tanah Wangko, Teluk Tombolata, Teluk Tomini, Teluk Totok
5.
Papua
Teluk Barta, Teluk Cook, Teluk Golaedi, Teluk Janim, Teluk Kamarau, Teluk Karawia, Teluk Korido, Teluk Korim, Teluk Mbuigangaro, Teluk Modemakweng, Teluk Npiesndi, Teluk Puru, Teluk Sebakor (Rijklof van Goens), Teluk Selassi, Teluk Senggala, Teluk Sorendidori, Teluk Sorendiweri, Teluk Wabudori, Teluk Wafordori, Teluk Wap, Teluk Warsa, Teluk Weri, Teluk Weningsnee
6.
Maluku
Teluk Aimere , Teluk Ambon, Teluk Atawai On , Teluk Baguala , Teluk Baia De Tiba, Teluk Balaurin Laleng, Teluk Bari, Teluk Benlelang, Teluk Buka, Teluk Biangmerang, Teluk Boleng, Teluk Delaki, Teluk Deme, Teluk Dondo, Teluk Doroh, Teluk Elpaputih, Teluk Ende, Teluk Foi, Teluk Gemo, Teluk Gililawa, Teluk Hading, Teluk Haria, Teluk Hatuputih, Teluk Ipi, Teluk Ilpokil/Ilkopit, Teluk Kakadu, Teluk Kalabahi, Teluk Konga, Teluk Korobafo, Teluk Kupang, Teluk Kurukeli, Teluk Labala One, Teluk Labu Ceri, Telu, Labu Jati/Jac, Teluk Labu Kawo, Teluk Labu Lionsong, Teluk Labu/Labuan Gilibanta, Teluk Labu/Labuan Oliungke ,Teluk Labuan Bajo, Teluk Labuan Letuhoh, Teluk Laju Pamale, Teluk Lamar, Teluk Lampit, Teluk Lampui, Teluk Lamsana, Teluk langau, Teluk Lasipu, Teluk Latira, Teluk Lelang, Teluk Lewoleba One, Teluk Lewolein Laleng, Teluk Liang, Teluk Lingeh, Teluk Liu, Teluk Liwulia, Teluk Loho Baru, Teluk Loho Batumoncong, Teluk Loho Boko, Teluk Loho Botu, Teluk Loho Buaya, Teluk Loho Gebah, Teluk Loho Karbau, Teluk Loho Kima, Teluk Loho Latoh, Teluk Loho Lidu, Teluk Loho Mpaang, Teluk Loho Sera, Teluk Loho Serikaya, Teluk Loho Sorao, Teluk Loho Tala, Teluk Loka, Teluk Lotal, Teluk Maeoe, Teluk Malikaba, Teluk Mambang, Teluk Maubesi, Teluk Maumere, Teluk Mausambi, Teluk Mbuli, Teluk Mua, Teluk Naku, Teluk Nalahia, Teluk Nangarujeng, Teluk Oenggae, Teluk Oka, Teluk Paga, Teluk Pangkajarat, Teluk Pedang, Teluk Pelikan, Teluk Pepela, Teluk Piru, Teluk Pusu, Teluk Rangka/Rangko, Teluk Rimba, Teluk Riung, Teluk Rumahkuda, Teluk Saparua, Teluk Sape, Teluk Sarang, Teluk Sarisa, Teluk Sau, Teluk Seba, Teluk Selatan, Teluk Senutuk, Teluk Siota, Teluk Slawi, Teluk Sok Propa, Teluk Solat, Teluk Soncokalili, Teluk Sopu, Teluk Soro Gong, Teluk Soro Liang, Teluk Soro Masangga, Teluk Sura, Teluk Taluti, Teluk Tamuang, Teluk Tanggah, Teluk Tanggan, Teluk Tasilo, Teluk Tatar, Teluk Tengairi, Teluk Terang, Teluk Timu, Teluk Todo, Teluk Tuhaha, Teluk Waienga One, Teluk Waingapu, Teluk Waiteba One, Teluk Waru, Teluk Waworada, Teluk Wera, Teluk Zwaan 





Selat

Berikut ini adalah Selat yang terdapat di Indonesia:

Selat Sunda
Selat Sunda terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera serta menghubungkan antara Samudera Hindia dengan Laut Jawa.

Selat Sunda

Selat Karimata
Selat Karimata letaknya di antara pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Selat ini menghubungkan Laut Jawa dan Laut China Selatan. Selat Karimata merupakan salah satu selat terbesar di Indonesia dengan lebar mencapai 150 km.

Selat Karimata

Selat Bali
Selat Bali letaknya berada di antara Pulau Jawa (di sebelah barat) dan Pulau Bali (di sebelah timur).
Selat Bali

Selat Makasar
Selat Makassar memisahkan Pulau Kalimantan di sebelah barat dengan Pulau Sulawesi di sebelah timur. Selat Makassar menghubungkan Laut Jawa di sebelah selatan dengan Laut Sulawesi di sebelah utara.
Selat Makassar

Selat Rote
Selat Rote terletak di Nusa Tenggara Timur yang memisahkan Pulau Timor dan Pulau Rote.

Selat Rote

Selat Berhala
Selat Berhala letaknya di antara Pulau Lingga, Pulau Singkep (Kepulauan Riau) dengan Pulau Sumatera di pesisir Indragiri Hilir (Riau) dan Tanjung Jabung (Jambi). Selat Berhala terhubung dengan Laut Cina Selatan.

Selat Berhala

Selat Madura
Selat Madura terletak di Jawa Timur yang memisahkan pulau Madura dengan Pulau Jawa bagian timur. Di Selat Madura dibangun Jembatan Suramadu, jembatan terpanjang di Indonesia.

Selat Madura

Selat Badung
Selat Badung letaknya memisahkan Pulau Bali di sebelah barat laut dengan pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan di tenggaranya. Selat Badung terhubung dengan selat Lombok.
Selat Badung


Samudera
Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Samudera Pasifik
Samudra Pasifik atau Lautan Teduh (dari bahasa spanyol Pacifico, artinya tenang) adalah kumpulan air terbesar di dunia. Ia mencakup kira-kira sepertiga permukaanBumi, dengan luas sebesar 179,7 juta km² (69,4 juta mi²). Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross di Antartika di selatan. Samudra Pasifik mencapai lebar timur-barat terbesarnya pada sekitar 5 derajat U garis lintang, di mana ia terbentang sekitar 19.800 km (12.300 mi) dari Indonesia hingga pesisir Kolombia. Batas sebelah barat samudra ini biasanya diletakkan di Selat Malaka. Titik terendah permukaan Bumi—Palung Mariana—berada di Samudra Pasifik. Samudra ini terletak di antara Asia dan Australia di sebelah barat, Amerika di sebelah timur, Antartika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara.

Samudra Pasifik

Samudera Hindia
Samudra Hindia atau Samudra Indonesia atau Samudra India adalah kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Di utara dibatasi oleh selatan Asia; di barat oleh Jazirah Arabia dan Afrika; di timur oleh Semenanjung MalayaSumateraJawaKepulauan Sunda Kecil, dan Australia; di selatan oleh Antartika. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik oleh 20° timur meridian, dan dengan Samudra Pasifik oleh 147° timur meridian. Samudra Hindia atau Samudra India adalah satu-satunya samudra yang menggunakan nama negara.

Samudra Hindia


Kenampakan alam indonesia lainnya yang sangat terkenal keindahan alam nya misalnya:

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).

Pulau Komodo

Pulau Komodo

Kepulauan Raja Ampat, Papua
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya
Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Belitung, Bangka Belitung
Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil.

Kepulauan Belitung

Kepulauan Belitung

Pulau Derawan, Kalimantan Timur
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”.

Pulau Derawan

Pulau Derawan

Pulau Cubadak
Pulau Cubadak yang namanya telah mendunia dan menjadi ikon Kabupaten Pesisir Selatan ini memiliki luas wilayah 5.749 km persegi dan berada 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Dengan posisi memanjang dari utara ke selatan di bagian barat Sumatra Barat, Pesisir yang memiliki 218 km panjang pantai memang memiliki potensi di bidang pariwisata.
Kawasan Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini.
Pulau Cubadak

Pulau Moyo
Pulau Moyo yang memiliki luas sekitar 32.000 Ha ini merupakan Pulau berpenduduk dengan enam Desa yang menghuninya. Sekitar 6.000 Hektar dari pulau ini pula sudah dijadikan Taman Wisata Alam Laut di bawah pengawasan BKSDA Nusa Tenggara Barat.
Keindahan alam seperti hutannya yang sangat asri bahkan terdapat beberapa kolam alami di dalamnya, pantai dengan pasir putih yang berkilau saat disinari matahari, batuan karangnya dengan berbagai ukuran dan bentuk yang unik serta ikan-ikan lautnya dengan berbagai warna yang cantik di tubuhnya dan masih banyak lagi biota bawah lautnya yang hidup secara bebas dan alami, jauh dari campur tangan manusia yang terkadang merusaknya.
Pulau Moyo

Pulau Moyo

Kawah Ijen, Jawa Timur
Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari.
Kawah Ijen

Kawah Ijen

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur
Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.
Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan
Taman Nasional Bantimurung mempunyai pemandangan alam yang paling indah. Karena di taman nasional ini, terdapat sumber air yang tidak pernah kering. Sehingga berbagai jenis tanaman dapat bertahan di saat musim kemarau yang panjang.
Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional terbesar dan terpenting di dunia dan menjadi tempat konservasi keanekaragaman hayati unik yang dimiliki Indonesia. Tempat ini juga sering digambarkan sebagai laboratorium ekosistem terlengkap karena berupa hutan dan punya banyak spesies flora dan fauna. Disini tercatat ada sekitar 300 spesies burung, meliputi rhinoceros hornbill dan helmeted hornbill. Taman nasional ini mendapatkan banyak hujan sepanjang tahun, namun frekwensinya mulai berkurang selama bulan Desember – Maret.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Adalah Taman Nasional yang yang terdiri dari tipe vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, hutan pamah tropika sampai pegunungan di Sumatera. Taman Nasional ini berada di wilayah Provinsi Lampung meliputi 2 kabupaten yakni Lampung Barat dan Tanggamus. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini mempunyai tujuan untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang ada di dalamnya.
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Green Canyon, Jawa Barat
Green Canyon menyimpan pesona luar biasa. Perpaduan antara sungai, lembah hijau, hutan lindung, dan aneka stalaktit-stalakmit. Keindahan berbalut kesunyian, bagai surga yang tersembunyi. Green Canyon mulai dikembangkan pada tahun 1989.

Green Canyon

Goa Gong, Jawa Timur
Goa gong adalah goa yang sangat terkenal, Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmid yang terkenal keindahannya dan menakjubkan. Goa yang terletak di pacitan, jawa timur, indonesia ini sangat ramai dikunjungi para turis asing maupun mancanegara, apalagi dihari hari libur .
Para pengunjung biasanya berfoto foto dengan latar belakang stalakmit maupun stalaktit yang terbentuk sangat indah, atau sekedar melihat lihat pesona gua tercantik didunia ini. Tempat ini dapat diakses melalui kota pacitan dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.
Goa gong

Goa gong

Goa Kalisuci, Jogjakarta
Sungai bawah tanah yang mengalir di bawah barisan pegunungan kapur yang bermuara di laut selatan pulau Jawa.Merupakan salah satu dari tiga pusat wisata petualangan cave tubing yang ada di dunia, setelah Meksiko dan Selandia Baru.
Goa Kalisuci

Goa Jatijajar
Terletak 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalam goa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda Lutung Kasarung. Panjang goa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goa lainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera. Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasara transportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif.
Goa Jatijajar

Goa Ngalau Indah
Goa Ngalau Indah di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.
Goa Ngalau Indah

Goa Istana Maharani
Goa ini letaknya sangat strategis dan menarik karena terletak di dekat pantai kurang lebih 500 m dan berada di tepi jalan Gresik-Tuban tepatnya di kecamatan Paciran Lamongan. Salah satu keajaiban alam berupa gua istana maharani yang menyimpan keindahan alam lebih spesifik dan unik diatas rata-rata gua wisata yang lain. Bahkan menurut prof Dr. KRT.Khoo ahli perguaan internasional dari yayasan speleologi Indonesia di Bogor menilai bahwa stalaktit dan stalakmit di gua istana Maharani masih hidup karenanya keindahan gua ini bisa disejajarkan dengan gua Altamira di Spanyol. Gua Mamonth dan Carlsbad di’ Amerika Serikat serta Goa Coranche di Perancis Goa yang menyimpan sejuta keindahan ini berada dikedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 m2.
Goa istana Maharani

Goa Greweng Yogyakarta
Kawasan Wediombo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 
Goa Greweng
Goa Lawa Purbalingga 
Goa Lawa merupakan goa alam yang terletak di bawah permukaan tanah di lereng Gunung Slamet yang terbentuk dari aliran lava yang membeku. berada di desa Siwarak Kecamatan Karangreja, keradah utara dari kota purbalingga dengan panjang 1.300m. Berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIIP) Kabupeten Purbalingga Tahun 2006, Obyek Wisata Goa Lawa merupakan kawasan obyek wisata yang menjadi salah satu produk unggulan pariwisata Purbalingga. Goa Lawa yang mempunyai panjang 1,5 KM dengan luas 5 KM merupakan goa yang terbentuk dari endapan batu gamping da aliran lava yang membeku di bawah permukaan tanah. Goa Lawa merupakan goa kars karena terbntuk dari endapan batu gamping dan aliran lava yang membeku. Selain meruakan goa kars, goa ini juga masih sangat alami terbukti dengan masih banyak terdapat kelelawar dan anak-anak goa yang tidak boleh dimasuki di dalam goa tersebut. 
Goa Lawa

Tabel Nama Gunung, Danau dan Sungai di Wilayah Indonesia


No
Nama Pulau
Letak
Nama Gunung
Nama Danau
Nama Sungai
1
Sumatera
Aceh
  • Abongabong
  • Bateekeubeu
  • Bumi Geureudong
  • Gunung Bandahara
  • Gunung Bur ni Telong
  • Gunung Kembar
  • Gunung Perkison
  • Leuser
  • Pasaman
  • Puet Sague/Panet Sagu
  • Seulawah Agam
  • Ulumasen

  • Danau aneuklaot
  • Danau Laut realoih
  • Danau laut tawar
  • Sungai Geumpang
  • Sungai Kruet
  • Sungai Meureudu
  • Sungai Peureula
  • Sungai Peusangan
  • Sungai Ranggos
  • Sungai Simpang Kanan
  • Sungai Simpang Kiri
  • Sungai Teunom
  • Sungai Waila
Sumatera Utara
  • Gunung Barus
  • Gunung Sibuatan
  • Gunung Sihapuabu/ Sihabuhabu
  • Lubukraya
  • Sibayak
  • Sinabung
  • Sorik Marapi
  • Danau Toba
·      Sungai Angkola
·      Sungai Asahan
·      Sungai Batanggadis
·      Sungai Belawan
·      Sungai Besitang
·      Sungai Nalipang
·      Sungai Sarkam
·      Sungai Sibundung
·      Sungai Singkuang 
·      Sungai Wampu
Sumatera Barat
  • Marapi
  • Sago
  • Singgalang
  • Talamau/Talakmau
  • Talang
  • Tandikat
  • Danau Diatas
  • Danau Dibawah
  • Danau Kerinci
  • Danau Meninjau
  • Danau Singkarak
·      Sungai Anai
·      Sungai Antokan
·      Sungai Jujuhan
·      Sungai Ombilin
·      Sungai Pasaman
·      Sungai Sangir
·      Sungai Sihilang
·      Sungai Sindung
·      Sungai Sirantih
·      Sungai Tarusan
Bengkulu
  • Dingin (perbatasan dengan Sumsel)
  • Gedang Seblat (perbatasan dengan Jambi)
  • Hitam (perbatasan dengan Sumsel)
  • Kaba
  • Pandan Bungsu
  • Seblat
  • Danau Dendan tak sudah
  • Danau Emas
  • Danau tes
  • Sungai Alas
  • Sungai Bantai
  • Sungai Bengkulu
  • Sungai Ipuh
  • Sungai Ketahun
  • Sungai Nasal
  • Sungai Seblat
  • Sungai Seluma
  • Sungai Tanjungaur
Riau
Daik

·         Sungai Bangko
·         Sungai Gaung
·         Sungai Kampar Kanan
·         Sungai Kampar Kiri
·         Sungai Ketanan
·         Sungai Kuantan/Indragiri
·         Sungai Reteh
·         Sungai Rokan Kanan
·         Sungai Rokan Kiri
·         Sungai Siak
Kepulauan Riau
Ranai


Jambi
  • Gedang Seblat (perbatasan dengan Bengkulu)
  • Kerinci
  • Masurai
  • Danau dipacampat
  • Danau Sipin
  •  
Sungai batang hari
Sumatera Selatan
  • Dempo
  • Dingin (perbatasan dengan Bengkulu)
  • Hitam (perbatasan dengan Bengkulu)
  • Patah
  • Danau Air hitam
  • Danau Jembawah
  • Danau Lubuk deling
  • Danau Teloko
·         Sungai Bulurangtiding
·         Sungai Komering
·         Sungai Lakitan
·         Sungai Lematang
·         Sungai Mesuji
·         Sungai Musi
·         Sungai Ogan
·         Sungai Rambang
·         Sungai Rawas
·         Sungai Saleh
Lampung
  • Gunung Betung
  • Gunung Krakatau (di Selat Sunda)
  • Gunung Pesawaran
  • Gunung Seminung
  • Pesagi
  • Pugung
  • Punggur
  • Rajabasa
  • Ratai
  • Ridingan
  • Sekincau
  • Tanggamus
  • Tanggang
  • Tangkit Cumbi
  • Tangkit Tebak
  • Danau Ranau
·      Sungai Basai
·      Sungai Jepara
·      Sungai Kambas
·      Sungai Pameriliun
·      Sungai Sekampung
·      Sungai Semah
·      Sungai Seputih
·         Sungai Simpang Balek
·      Sungai Sukadana
·         Sungai Tuiangbawang
Kepulauan Bangka Belitung
Maras


2
Jawa
Jakarta
-

Sungai Malang


Jawa Barat
  • Gunung Bedil
  • Gunung Bukit Tunggul/Gunung Bukitunggul
  • Burangrang
  • Gunung Boled
  • Gunung Ciremai/Cereme/Ceremai
  • Gunung Cikurai/Cikuray
  • Galunggung
  • Gede
  • Gunung Geulis
  • Guntur
  • Karang
  • Gunung Kencana/Kancana
  • Gunung Lalakon
  • Gunung Lamajang
  • Malabar
  • Gunung Manglayang
  • Gunung Mandalawangi
  • Masigit
  • Pangrango
  • Papandayan
  • Patuha
  • Gunung Puncak Besar
  • Gunung Riung Gunung
  • Salak
  • Gunung Sanggabuana
  • Tampomas
  • Gunung Tangkuban Perahu
  • Telaga Bodas
  • Gunung Tilu Pangalengan/Tilu
  • Wayang
  • Windu
  • Danau Aul
  • Danau Cileunca
  • Danau Cipanunjang
  • Danau Cisanti
  • Danau Pangkalan
  • Danau Rawo dano
  • Danau Situ Bagendit
  • Danau Situ Langkung
  • Danau Situ Lengkong
  • Danau Telaga Patenggang
  • Danau Wanawasa
  • Sungai Ciliwung
  • Sungai Cilosari
  • Sungai Cimandiri
  • Sungai Cimantiung
  • Sungai Cimanuk
  • Sungai Cisadane
  • Sungai Cisanggarung
  • Sungai Citandui
  • Sungai Citarum
  • Sungai Ciujung


Banten
  • Aseupan
  • Gunung Halimun
  • Gunung Karang
  • Gunung Krakatau (di Selat Sunda)
  • Pulasari


  •  


Jawa Tengah
  • Gajah
  • Lasem
  • Lawu (perbatasan dengan Jatim)
  • Merapi
  • Merbabu
  • Muria
  • Prahu
  • Rogojembangan
  • Slamet
  • Sumbing
  • Sundoro
  • Ungaran
  • Danau Rawa Pening
  • Danau Manjer
  • Sungai Bengawan Solo
  • Sungai Bodri
  • Sungai Bogowonto
  • Sungai Comal
  • Sungai Klampis
  • Sungai Lusi
  • Sungai Pemali
  • Sungai Progo
  • Sungai Serang
  • Sungai Serayu


Yogyakarta
Kucir

  • Sungai glagah
  • Sungai opak
  • Sungai Oyo
  • Sungai Tepus


Jawa Timur
  • Gunung Anjasmara/Anjasmoro
  • Argomayang
  • Argopuro
  • Arjuno
  • Baluran
  • Gunung Batok
  • Butak
  • Bromo
  • Kawah Ijen
  • Kawi
  • Kembar I
  • Kembar II
  • Kelud
  • Lamongan
  • Lawu (perbatasan dengan Jateng)
  • Liman
  • Lurus
  • Pandan
  • Panderman
  • Penanggungan
  • Raung
  • Semeru
  • Suket
  • Welirang
  • Wilis
  • Danau Kawah Ijen
  • Danau Kawah Kelut
  • Danau Pacal
  • Danau Ranu Bedali
  • Danau Ranu Gumbolo
  • Danu Ranu Klakah
  • Danau Ranu pakis
  • Danau Rawa klendingan
  • Danau Telaga Sarangan
·      Sungai Ajung
·      Sungai Bajulmati
·      Sungai Bedadung
·      Sungai Brangkal
·      Sungai Brantas
·      Sungai Lamongan
·      Sungai Madiun
·      Sungai Rejoso
·      Sungai Sampean
·         Sungai Sumbermarijing

3
Kalimantan
Kalimantan Barat
Palung
·         Danau Bekuan
·         Danau Belida
·         Danau Genali
·         Danau Sentarum
·         Danau Tang
·      Sungai Airhitam
·      Sungai Beliang
·      Sungai Jelai
·      Sungai Kapuas
·      Sungai Landak
·      Sungai Melawi
·      Sungai Mempawah
·      Sungai Paloh
·      Sungai Pawan
·      Sungai Sambas

Kalimantan Tengah
  • Gunung Bukit Raya
  • Gunung Bukit Sapathawung
  • Danau Bambenan
  • Danau Cembulu
  • Danau Genting
  • Danau Gatel
  • Danau Kenamfui
  • Danau Limut
  • Danau Matur
  • Danau Mepara
  • Danau Raya
  • Danau Sembuluh
  • Danau Terusan
  • Danau tete
·      Sungai Kahayan
·      Sungai Kalanaman
·      Sungai Katingan
·      Sungai Lamandau
·      Sungai Mendawai
·      Sungai Pembuang
·      Sungai Sampit
·      Sungai Seruyan

Kalimantan Selatan
Halau-halau
·         Danau Bangkau
·         Danau Bitin
·         Sungai Alalak
·         Sungai Ayu
·         Sungai Baharangan
·         Sungai Barito
·         Sungai Cegal
·         Sungai Haruan
·         Sungai Kurambu
·         Sungai Martapura
·         Sungai Negara
·         Sungai Riam
·         Sungai Tapin

Kalimantan Timur
  • Batubrok
  • Liangpran
  • Lumut
  • Mesangat
  • Danau Jempang
  • Danau Melintang
  • Danau Semayang
·      Sungai Angisa
·      Sungai Bahan
·      Sungai Bani
·      Sungai Berau
·      Sungai Kayan
·      Sungai Mahakam
·      Sungai Senyiur
·      Sungai Sesayap
·      Sungai Telen
·      Sungai Wahan
Kalimantan Utara
  • Bekayan
  • Harun
  • Makita


  •  
4
Nusa Tenggara
Bali
  • Gunung Abang
  • Agung
  • Batur
  • Danau Batur
  • Danau Beratan
  • Danau Buyan
  • Danau Tablingan
  • Sungai Ayun
  • Sungai Bubuh
  • Sungai Pakerisan
  • Sungai Pancuran
  • Sungai Pangi
  • Sungai Patanu
  • Sungai Sangiang
  • Sungai Sangsang
  • Sungai Sumbul
  • Sungai Unda
Nusa Tenggara Barat
  • Iliboleng
  • Inierie
  • Kelimutu
  • Lewotobi
  • Mutus
  • Rinjani
  • Sangeang/Sangiang
  • Tambora
  • Danau Segara Anak
  • Danau Batu Jai
  • Danau Tembara
·      Sungai Ampang
·      Sungai Gurakara
·      Sungai Jangklok
·      Sungai Kampu
·      Sungai Nal
·      Sungai Pliwis
·      Sungai Putih
·      Sungai Sidutan
·      Sungai Sumpel
·      Sungai Tepa
Nusa Tenggara Timur
  • Batutara
  • Egon
  • Gunung Fatu Timao
  • Iliwerung
  • Ine Lika
  • Gunung Lakaan
  • Lewotolo
  • Gunung Mutis
  • Sirung
  • Danau Kalimutu telaga 3 warna
·      Sungai Emboko
·      Sungai Fai
·      Sungai Jamal
·      Sungai Kanjiji
·      Sungai Lingeh
·      Sungai Polapare
·      Sungai Rissa
·      Sungai Wajalu
·      Sungai Wera
5
Sulawesi
Sulawesi Barat
Gunung Gandang Dewata


Sulawesi Utara
  • Awu
  • Empung
  • Gunung Karangetang
  • Kaweng
  • Klabat
  • Lokon
  • Mahawu
  • Sahendaruman
  • Soputan
  • Tangkoko
  • Tondano
  • Danau danau
  • Danau Linouw
  • Danau Moat
  • Danau Tondano
·      Sungai Ayong
·      Sungai Binebase
·      Sungai Bone
·      Sungai Laini
·      Sungai Naha
·      Sungai Polgar
·      Sungai Ranayapu
·      Sungai Tabalong
·      Sungai Tutul
Sulawesi Tengah
  • Dako
  • Gunung Gawalise
  • Kalangkangan
  • Gunung Nokilalaki/Nikolalaki
  • Sojol
  • Tinombala
  • Tokala
  • Danau Lindu
  • Danau Poso
·      Sungai Batui
·      Sungai Bongkal
·      Sungai Buol
·      Sungai Maraju
·      Sungai Mesup
·      Sungai Palu
·      Sungai Poso
·      Sungai Takuwono
·      Sungai Toili
·      Sungai Wesanga
·      Sungai Ulkuli

Sulawesi Selatan
  • Gunung Balease
  • Bawakaraeng
  • Gunung Buntu Kabobong
  • Latimojong
  • Gunung Lompobattang/Lompobatang
  • Gunung Nepo
  • Rantekombola
  • Rantemario
  • Danau Mahalona
  • Danau Sidenreng
  • Danau Tempe
  • Danau Towuti
·      Sungai Girirang
·      Sungai Jeneberang
·      Sungai Karana
·      Sungai Malasa
·      Sungai Mandar
·      Sungai Maraleng
·      Sungai Sadong
·      Sungai Singga 
·      Sungai Tangkok 
·      Sungai Walanae
Sulawesi Tenggara
  • Gunung Kabaena
  • Mekongga
  • Gunung Pagogul

·      Sungai Konoweha
·      Sungai Labandia
·      Sungai Lalindu
·      Sungai Lasolo
·      Sungai Matarombeo
·      Terdapat Sungai Peleang
·      Sungai Sampolawa
·      Sungai Watumakale
Gorontalo
Tentolomatika
Danau Limboto

6
Maluku & Papua
Maluku
  • Binaia
  • Ibu
  • Gamsunoro
  • Kapalamadan
  • Sahuwai
  • Waloolon

·      Sungai Apu
·      Sungai Castelo
·      Sungai Marikrubu
·      Sungai Masiulang
·      Sungai Ruate
·      Sungai Sapatewa
·      Sungai Sapulawa
·      Sungai Sarafo
·      Sungai Togorala
·      Sungai Yalua


Maluku Utara
  • Api
  • Batusibela
  • Dukono
  • Gamalama
  • Gamkonora




Papua Barat
  • Irau
  • Mebo
  • Umsini
  • Wats




Papua
  • Dofonsoro
  • Puncak Jaya
  • Puncak Trikora
  • Puncak Mandala
  • Gunung Yamin/Puncak Yamin
  • Danau Anggi Giji
  • Danau Anggi Gita
  • Danau Biru
  • Danau Peninai
  • Danau Rombebai
  • Danau Sentani
  • Danau Tage
  • Danau Tibi
  • Danau Tonjidat
  • Danau Yamur
  • Danau Yawasi
·      Sungai Baliem
·      Sungai Bian
·      Sungai Digul
·      Sungai Kamundan
·      Sungai Lorentz
·      Sungai Mayu
·      Sungai Memberamo
·      Sungai Merauke
·      Sungai Noordwese
·      Sungai Sircanden
·      Sungai Warenoi



Jawaban dari pertanyaan kenampakan alam pada buku tematik tema 5 kelas 5 SD

Berdasarkan bacaan "Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya", terdapat banyak jenis kenampakan alam di bumi ini. Indonesia juga memiliki berbagai jenis kenampakan alam.
1. Kenampakan alam apa sajakah yang ada di Indonesia?
Dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, perbukitan, jurang, danau, lubuk, telaga, sungai, laut, samudra, palung, pulau, tanjung, teluk, dan gunung
2. Adakah kenampakan alam Indonesia yang sangat unik dan terkenal yang kamu ketahui?
Danau Toba, Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi. 
3. Mengapa sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal?
Sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal karena keindahan dan keunikannya
4. Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain
Yang membedakan antara kenampakan alam satu dengan yang lainnya adalah bentuk atau ciri fisiknya
5. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?
Keadaan alam sangat mempengaruhi mata pencarian penduduk. Kebanyakan penduduk sekitar pantai bekerja sebagai nelayan karena di laut banyak tersedia ikan. Mereka yang tinggal di dataran tinggi bekerja sebagai petani karena iklimnya sangat cocok untuk pertanian. Masyarakat yang tinggal di daerah padang rumput yang luas mengusahakan peternakan karena tersedia rumput yang berlimpah.


Sumber: http://mastugino.blogspot.com/2012/09/daftar-nama-teluk-di-indonesia.html, http://novaliyayuwanti.blogspot.in/2013/05/keanekaragaman-kenampakan-alam-di.html, http://dwielmisetyorini9pgsd.blogspot.in/2013/04/keanekaragaman-kenampakan-alam.html, http://www.pantai.org/jawa/pantai-pantai--indah-di-indonesia , http://fotofamilyku.blogspot.com/2012/03/gallery-foto-11-puncak-gunung-terindah.html#.VFWUoGdvK00, http://alamendah.org/2014/04/30/10-puncak-gunung-tercantik-di-indonesia/9/, http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/, http://serba-sepuluh.blogspot.com/2013/12/10-sungai-terpanjang-di-indonesia.html, http://101jakfm.com/details/3461/20-keindahan-alam-indonesia-yang-mendunia-banggaindonesia, http://isma-ismi.com/kenampakan-alam.html, http://rapikkasan.blogspot.com/2014/03/macam-delta-di-indonesia.html