Cari Blog Ini

Senin, 27 Oktober 2014

BERBAGAI TANAMAN BERMANFAAT YANG DAPAT DIJADIKAN TANAMAN APOTEK HIDUP BESERTA GAMBARNYA

BERBAGAI TANAMAN BERMANFAAT YANG DAPAT DIJADIKAN TANAMAN APOTEK HIDUP


Apotek Hidup adalah lahan yang sempit ataupun luas dengan tanaman yang berkhasiat untuk obat alami atau herbal.
Keuntungan memiliki apotek hidup:
  • Penghijauan halaman rumah yang sangat bermanfaat bagi kesegaran lingkungan sekitarnya.
  • Stok obat alami, jika anggota keluarga sewaktu-waktu sakit dapat ditanggulangi sementara dengan obat yang ada di pekarangan. 
  • Sumber bumbu, rempah masakan.
  • Sumber pupuk organik. Memanfaatkan daun yang berguguran dan sampah organik sebagai pupuk organik, bagi tanaman kita.
  • Hobi yang mendatangkan nilai tambah bagi keluarga. Pekarangan yang dikelola dengan baik, hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga karena banyak komoditas yang tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membsudidayakannya.
  • Sumber keindahan/Estetika. Pekarangan yang ditata dan dirawat secara teratur akan memberikan keindahan dan rasa tentram bagi orang yang melihatnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan apotek hidup, yaitu:
  • Merawat tanaman obat tidak seperti tanaman hias. Biasanya tanaman obat sudah memiliki proteksi diri terhadap hama
  •  Untuk mendesain taman pun tidak harus di lahan yang luas. Taman berkonsep apotek hidup bisa diaplikasikan di lahan seluas 40 x 40 sentimeter hingga 60 x 60 sentimeter. Pot bisa menjadi lahan tanam yang baik, asalkan tanah yang dipilih bertekstur gembur.
  •  Tanaman obat harus mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup dan lebih cocok ditempatkan di taman belakang
  • Harus ada keserasian antara tanaman dan elemen yang lain di dalam taman sehingga tidak merusak penataan taman
  •  Kita perlu mengetahui manfaat jenis tanaman obat dan beberapa pemakaian yang sesuai agar dapat membuat apotek hidup di pekarangan menjadi indah sekaligus bermanfaat.

Langkah-langkah  membuat apotek hidup:
  •       Kumpulkan bibit yang akan ditanam, misalnya: umbi jahe, umbi kunyit, umbi bawang putih, tunas tanaman sirih
  •        Siapkan cangkul, pupuk dan penyiram tanaman
  •        Siapkan lahan yang telah digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul dan tambahkan pupuk, aduk dengan rata.
  •        Pilih tanaman mana yang cocok di bawah sinar matahari langsung dan yang tidak. kita dapat  menggunakan jaring penutup tanaman yang bisa membuatnya terhindar dari sinar matahari langsung. 
  •       Tanam bibit yang sudah disiapkan lalu siram dengan air
  •        Jangan gunakan pupuk berbasis bahan kimia karena ditakutkan dapat mempengaruhi manfaat dari tanaman tersebut. Gunakan pupuk yang berasal dari sisa sayur maupun buah yang telah dicampur dengan Mikro Organisme Lokal (MOL). 
  •        Siram dan rawat tanaman secara rutin. Bersihkan dari jenis rumput liar yang mengganggu
 Pengelompokkan Apotek Hidup
      Adapun pengelompokkan tanaman apotik hidup terbagi dalam lima kelompok yaitu:
  1.       Tanaman buah, yaitu tanaman penghasil buah dan biasanya dikonsumsi buahnya dan dimiliki khasiat sebagai obat.
  2.       Tanaman sayuran, yaitu bahan masakan, sumber vitamin dan mineral serta memiliki khasiat obat.
  3.       Tanaman rempah-rempah, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan memiliki khasiat obat.
  4.       Tanaman hias, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai unsur dekoratif didalam maupun diluar diluar ruangan namun memiliki khasiat obat. 
  5.        Lain-lain, yaitu tanaman yang berkhasiat obat selain dari tanaman buah, tanaman sayuran,tanaman rempah-rempah dan tanaman hias

Berbagai tanaman yang mengandung banyak manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Keji Beling

Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida
Manfaatnya: sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.

  • Sambiloto

Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide.
Manfaatnya:  berkhasiat melindungi hati, menekan pertumbuhan sel kanker

  • Handeuleum

Manfaatnya: mengobati wasir, memar dan sembelit

  • Tempuyung

Di dalam daun tersebut terkandung kalium berkadar cukup tinggi.
Manfaatnya:  berkhasiat menghancurkan batu ginjal

  • Bawang Putih
 
Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.
Manfaatnya: dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, mengurangi lemak, penyembuhan kolesterol tinggi, dapat memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar.

  • Belimbing Wuluh

Manfaat: menyembuhkan gusi berdarah, sebagai Obat Gondongan, Obat Rematik, Obat Sariawan, Obat Sakit gigi,  Obat Pagel linu, Obat Penghilang Panu

  • Beluntas

Daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare, serta mengobati sakit kulit.

  • Bunga Kenop

Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak, Sakit Kepala,  Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak,  obat radang mata, Disentri, dan  tidak lancar buang air kecil.

  • Cengkeh

Cengkeh adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh
Manfaat: untuk menghilangkan bau mulut, Anti bakteri, anti virus dan anti septic, Merangsang aromatik pernapasan, mengatasi mual, muntah-muntah, perut kembung, lemas dan gangguan pencernaan, pembasmi kuman yang ampuh dan penyembuh luka serta dapat melegakan tenggorokan, menyembuhkan Kolera, sakit gigi, sakit telinga, sakit kepala, bermanfaat pula untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda, dengan meningkatkan sirkulasi darah akan menurunkan suhu tubuh

  • Daun Dewa

Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan=zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas,bisa mengatasi kejang pada anak, mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, muntah darah, mengatasi kutil, tumor dan membersihkan racun.

  • Ciplukan

 

Manfaat: Influenza, Sakit tenggorok, Batuk rejan, Bronchitis, Gondongan, Pembekakan buah pelir, Bisul, Borok, Kencing manis, Sakit paru – paru, Ayan, Pembekakan prostat.

  • Jarak Bali

Manfaat: menyembuhkan Demam, bengkak terpukul, digigit ular berbisa, Menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan racun.

  • Jati Belanda

Manfaat: mengatasi Diare, Sakit perut, Kolera, Penyembelit, Menguruskan badan,  Batuk, Perut kembung, Rasa sesak lambung

  • Kemuning

Manfaat: mengobati Bisul, Rematik, keseleo, memar, Sakit gigi, Melangsingkan badan, Datang haid tidak teratur

  • Kumis kucing

Daun kumis kucing basah maupun kering bermanfaat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

  • Jahe

 
Jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma & rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula & berbagai.minuman. Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng & sirup. Dewasa ini para petani cabe menggunakan jahe sebagai pestisida alami. Dalam perdagangan jahe dijual dalam bentuk segar, kering, jahe bubuk & awetan jahe. Disamping itu terdapat hasil olahan jahe seperti: minyak astiri & koresin yg diperoleh dengan cara penyulingan yg berguna sebagai bahan pencampur dalam minuman beralkohol, es krim, campuran sosis & lain-lain.
Adapun manfaat secara pharmakologi antara lain adalah sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba & parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung & getah empedu.


  • Pegagan

 
Manfaat dari pegagan :bisa dikonsumsi berupa herbal atau mentah ( orang sunda biasa di makan pakai sambal terasi atau sambal oncom), melancarkan jalan darah atau peredaran darah dan menambah napsu makan.

  • Murbei

Manfaat tanaman murbei diantaranya mengobati demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), kaki gajah (elephantiasis), radang mata merah (conjunctivitis acute), memperbanyak ASI, keringat malam, muntah darah, batuk darah, batuk berdahak, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), tidak datang haid, gangguan saluran cerna, sesan napas (asma), cacingan, muka bengkak (edema), susah kencing (disuria), neurastenia, jantung berdebar (palpitasi), rasa haus dan mulut kering, susah tidur (insomnia), telinga berdenging (tinnitus), sembelit, tuli, vertigo, hepatitis, kurang darah (anemia), rambut beruban, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, sakit kulit, sakit pinggang (lumbago), serta dapat menyuburkan pertumbuhan rambut.

  • Sirih Merah
 
Tanaman sirih merah mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan tradisional, mempunyai potensi me-nyembukan berbagai jenis penyakit. Banyak pengalaman bahwa meng-gunakan sirih merah dalam bentuk segar, simplisia maupun ekstrak kapsul dapat menyembuhkan penya-kit diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, men-cegah stroke, asam urat, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

  • Rossela
 
Bunga Rosella dapat diseduh dengan air panas dan berkhasiat untuk memperlancar fungsi ginjal, mencegah masuk angin, membantu memperlancar pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mahkota Dewa

Mahkota Dewa berkhasiat sebagai detoksifikasi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kadar gula darah, anti radang, mencegah pertumbuhan kanker, menurunkan asam urat. Buahnya bersifat sitotoksit terhadap sel kanker rahim dan sel leukemia. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dijadikan obat, mulai dari daging buah, kulit buah sampai daun. Daun dan kulit buah bisa digunakan dalam keadaan segar atau yang telah dikeringkan, sedangkan buahnya (daging buah) dapat digunakan setelah dikeringkan.
Selain khasiat yang telah disebutkan di atas, kulit dan daging buah dapat digunakan untuk mengobati disentri, psoriasis dan jerawat. Daun dan bijinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti ekzim dan gatal-gatal. Tetapi harus diwaspadai, karena bagian buah Mahkota Dewa mengandung racun terutama bijinya. Jika buah segar langsung dimakan dapat menyebabkan mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang hingga pingsan.

  • Waru

TB paru-paru, batuk, sesak napas,Radang amandel (tonsilitis),Demam,Berak darah dan lendir pada anak, muntah darah, Radang usus,Bisul, abses,Keracunan singkong, Penyubur rambut, rambut rontok, terlambat haid, demam, radang mata

  • Kelapa Hijau

bronchitis, demam, disentri, hepatitis, (akar), mencret, sakit perut, (arang tempurung), batuk darah, batu ginjal, cacing kremi, keracunan ikan, muntah darah dan pencahar daging buah), mencret, sakit perut dan bengkak (buah muda), nyeri pinggang, penawar racun, peradangan usus (air kelapa) perawatan rambut dan bahan pembawa ramuan luka bakar (minyak kelapa), obat kena racun makanan, frambusia, TBC (santan dan air buahnya), mencret, disentri,cholera, lemah syawat (akarnya),borok, demam nifas(bunganya),gigi rusak/berlubang, kencing nanah (minyak tempurungnya),wasir, adanya pengapuran pada air seni (daging buahnya).

  • Wijaya Kusuma

Tumbuhan wijayakusuma mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses

  • Pinang


Manfaat:
Biji:
Cacingan: taeniasis, fasciolopsiasis, Perut kembung akibat gangguan pencernaan,  Bengkak karena retensi cairan (edema), Rasa penuh di dada, Luka, Batuk berdahak,  Diare, Terlambat haid, Keputihan, Beri-beri, edema. Malaria, Memperkecil pupil mata (miosis) pada glaucoma.

Daun:
Tidak napsu makan,  Sakit pinggang (lumbago).
Sabut:
Gangguan pencernaan (dyspepsia), Sembelit,  Edema dan beri-beri
  • Buah Naga




Buah ini terkenal sebagai salah satu sumber betakaroten, provitamin A yang di dalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, reproduksi dan proses metabolism lainnya. Betakaroten juga merupakan anti oksidan, pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Selain itu buah ini juga mengandung sumber vitamin dan mineral yang sangat baik.
Dalam buah ini terkandung sumber vitamin B1, kalium, zat besi, protein serta kalsium. Zat-zat ini mampu menetralkan racun dalam darah, meningkatkan penglihatan dan mencegah darah tinggi.


  • Ginkgo Biloba
 


Ginkgo Biloba diketahui mengandung vitamin C dan ginkgolida, yaitu senyawa anti oksidan dan flavonoid. Senyawa inilah yang diyakini dan telah diteliti berperan penting untuk memperlebar sistim pembuluh paling kecil yaitu mikrokapiler, sehingga dapat meningkatkan fungsi organ tunggal terutama otak. Selain itu tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stress, mengusir sakit kepala, migraine, vertigo dan telinga yang berdenging

  • Jambu Biji



Manfaatnya: Sebagai bibit tanaman,  Dimakan langsung, dijadikan minuman sari buah, meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi, demam berdarah, Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan,Mengawetkan telur ayam rebus, menyembuhkan luka,


  • Mengkudu



Manfaatnya:Disayur, menyembuhkan wasir, Anti oksidan, anti bakteri, anti radang, anti alergi, menjaga kesehatan tulang, anti kanker, menjaga kesehatan rambut dan kulit, mengatasi hipertensi, batuk, sakit perut, sakit kuning, demam, masuk angin, flu


  • Anting-anting



Manfaat: mengatasi disentri basiler dan disentri amuba, Diare, anak dengan berat badan rendah (malnutrition) dan gangguan pencernaan, Muntah darah, mimisan, berak darah (melena), kencing darah (hematuria), Malaria, bisul, koreng, luka berdarah, eczema, dermatitis, gigitan ular.


  • Alpukat



Manfaatnya:
Daging buah : mengatasi Sariawan, Melembabkan kulit kering.

Daun: Mengatasi Kencing batu, Darah tinggi, sakit kepala, Nyeri syaraf., Nyeri lambung, Saluran napas membengkak (bronchial swellings), Menstruasi tidak teratur.
Biji: mengatasi Sakit gigi, Kencing manis.

  • Adas
Manfaatnya:
Buah bermanfaat untuk mengatasi :
– sakit perut (mulas), perut kembung, rasa penuh di lambung, mual, muntah, diare,
– sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan,
– batuk berdahak, sesak napas (asma),
– haid: nyeri haid, haid tidak teratur,
– air susu ibu (ASI) sedikit,
– putih telur dalam kencing (proteinuria),
– susah tidur (insomnia),
– buah pelir turun (orchidoptosis),
– usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis),
– pembengkakan saluran sperma (epididimis),
– penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidrokel testis),
– mengurangi rasa sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya,
– rematik gout, dan
– keracunan tumbuhan obat atau jamur.
Daun berkhasiat mengatasi :
– batuk,
– perut kembung, koilk,
– rasa haus, dan
– meningkatkan penglihatan

  • Bidara



Manfaat: Mengatasi Demam, batuk, serak, Radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu, Typhus, sembelit, buang air besar darah dan lendir, Muntah darah, Kencing manis (DM), Batu kandung kencing, Keracunan makanan, gigitan ular, Kanker, kusta, syphilis, memperlancar keluarnya air susu ibu (ASI), obat luka terpotong, luka bakar, bengkak, penyakit kulit.


  • Beluntas



Manfaatnya: Menghilangkan bau badan, Gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu
makan, Menurunkan panas, peluruh keringat, TBC kelenjar leher, Nyeri pada rheumatik, sakit pinggang


  • Waluh
 


Hasil olahan dari waluh sangat banyak, seperti pengental saus tomat dan kelengkapan sayuran, produk awetan, cake, dan sebagainya. Beberapa keluhan sakit yang dapat diatasi dengan waluh antara lain cacingan, tekanan darah tinggi, arterostklerosis /penyempitan pembuluh darah, jantung, koroner, diabetes mellitus/kencing manis, menurunkan panas, memperlancar BAB, dan mencegah berkembangnya sel penyakit kanker, mengatasi kurang nafsu makan, menurunkan berat badan, dan untuk perawatan kecantikan.


  • Jarak
 


Manfaatnya: menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki, dan luka berdarah. Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik. Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Dengan penggunaan yang hati-hati, daun jarak pagar bahkan dapat digunakan sebagai obat pencahar ringan.
Minyak yang terbuat dari biji jarak, digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak, maupun terkilir

  • Temu putih/ Curcuma Zedoaria



rimpangnya dipakai sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas. Di samping itu temu putih (juga temu mangga, kunyit, dan mahkota dewa) juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ambeien,  tumor dan kanker

  • Kunyit Putih
 


Pemanfaatan kunyit putih untuk kesehatan antara lain :
Untuk menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker, mengatasi masuk angin, mengatasi gangguan pencernaan,


  • Daun Dewa



Daunnya berkhasiat untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi darah,
menghentikan pendarahan, pembengkakan payudara, melancarkan haid, dan
lain-lain. Sementara umbinya berkhasiat untuk mengatasi bekuan darah
pembengkakan, pendarahan, tulang patah


  • Lidah Buaya



Manfaatnya: mengatasi diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.


Berbagai manfaat biji, buah, akar, daun, batang, bunga dari tanaman apotek hidup:

No
Nama Tanaman
Manfaat
Biji
Buah
Akar
Daun
Batang
Bunga
1
Pohon Sirsak
Dibuat minyak:
Sebagai toner pembersih muka, obat masuk angin, anti cacing dan membunuh kecoa
Daging buahnya:
Dapat mengobati disentri, osteoporosis, asam urat, demam, diabetes, batu empedu, memperlambat penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu proses pencernaan
Dibuat teh:
Obat penenang, anti kejang, anti diabetes, menurunkan tekanan darah, penangkal racun, pembasmi kutu, dan anti nyamuk
Menyembuhkan lever (penyakit hati), kejang, batuk, rematik, radang sendi dan menghilangkan rasa sakit pada sel saraf
Rebusan kulit batang:
Mengobati asma, batuk, penenang, hipertensi, memperbaiki sistem kerja jantung, penyakit diabetes, anti kejang, obat flu, , anti parasit dan penghangat tubuh
Mengobati bronkhitis dan batuk
2
Pohon Pepaya
Sebagai anti bakteri, melindungi ginjal, menghilangkan parasit di usus, menetralisir racun dalam hati, mengobati cacingan.
Dimakan dagingnya, dibuat koktail buah, disayur,
Mengobati penyakit ginjal, cacingan, gangguan kencing, rematik.
Disayur, melunakkan daging, menambah nafsu makan, mencegah kanker, menghilangkan jerawat, mengontrol tekanan darah, mengobati nyeri haid, demam berdarah, melancarkan pencernaan
Getahnya: terkandung enzim papain yg dijadikan komoditas dagang, antiseptik
Disayur
3
Pohon Aren
Dijadikan kolang kaling sebagai makanan berserat
Dijadikan kolang kaling sebagai makanan berserat
Air nira: untuk bahan pembuat gula merah, cuka dan pati/tepung
Kerajinan anyaman, obat batu ginjal
Sebagai janur, kertas rokok
Diambil pati/ tepungnya.
Getahnya sebagai obat sariawan dan radang paru-paru
-
4
Pohon Jambu Biji
Sebagai bibit tanaman
Dimakan langsung, dijadikan minuman sari buah, meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi, demam berdarah
Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan
Mengawetkan telur ayam rebus, menyembuhkan luka, Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan
Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan
-
5
Pohon Jarak
Sebagai anti kanker, anti fungi
Minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium, obat penyakit kulit, luka, pendarahan,
-
Mengencerkan dahak dan batuk
Getahnya: menghilangkan keputihan pada lidah bayi, radang telinga, sakit gigi
Daunnya: perut kembung, masuk angin, melancarkan bab, rematik
Getahnya: sebagai anti jamur, obat sariawan
-
6
Pohon Mangrove
-
Air nya untuk mengusir nyamuk, pembersih mata, sakit kulit, menurunkan panas
Buahnya: pewarna, pengawet kain, sayur
-
Untuk menangkap ikan sebagai bahan pembius,
Tempat menambatkan kapal, kayu bakar, bahan pengawet, obat penyakit gatal, penawar gigitan ular, rematik, gangguan pencernaan, menurunkan panas.
Getahnya: mengobati sengatan hewan laut
 -
7
Pohon Sukun
 -
Anti radang, makanan untuk penderita diabetes
Anti bakteri, Antibiotik,  mengobati penyakit kulit
Meluruhkan batu ginjal
Anti radang, mengobati kanker payudara, mengatasi luka lambung
Mengobati sakit gigi dan gusi
8
Pohon Delima
Menurunkan demam, obat batuk, keracunan, cacingan, sering buang air kecil, sariawan
Kulitnya: mengobati luka
Dagingnya dimakan langsung, di jus
 -
 -
 -
Mengobati radang gusi, pendarahan, luka
9
Bunga Pagoda/ Kamboja
 -
 -
Anti radang, peluruh kencing, menghilangkan bengkak, menghancurkan darah beku, sakit pinggang, rematik, tbc, wasir, susah tidur.
Anti radang dan menyembuhkan nanah, bisul, koreng,
 -
Mengobati susah tidur, wasir
10
Pohon Ciplukan
 -
Mengobati epilepsi, penyakit kuning, susah buang air kecil. diabetes militus, sakit paru-paru, ayan
Obat cacing dan penurun demam, diabetes militus, sakit paru-paru
penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, sakit perut, kencing nanah, diabetes militus, sakit paru-paru, borok
diabetes militus, sakit paru-paru
sakit paru-paru
11
Pohon Rambutan
Mengatasi diabetes militus
Kulitnya: mengatasi disentri dan demam
Mengatasi demam
Diare, menghitamkan rambut
Kulit kayu: mengatasi sariawan

12
Pohon Kelor
Untuk menjernihkan air
 -
Mengatasi kurang napsu makan, epilepsi, sariawan, sulit buang air kecil, badan lemah, sakit kuning, rematik, pegal linu, beri-beri, malaria, mengurangi rasa sakit, penurun tekanan darah tinggi
Sayur, mengobati herpes, penurun tekanan darah tinggi, diare, diabetes militus
Tangkainya: mengatasi biduran, alergi, rabun ayam
 -
13
Pohon Alpukat
Anti radang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkak, sakit gigi, bahan pewarna tekstil
Untuk penderita diabetes militus, kolesterol tinggi, sariawan, menghitamkan rambut, anti bakteri, anti jamur, antioksidan, membantu program diet, menghilangkan nyeri haid, menambah darah, menurunkan kolesterol, sakit perut, disentri
 -
Menghambat pertumbuhan bakteri, menyembuhkan kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernafasan, haid tidak teratur, menghaluskan kulit, sakit pinggang, hipertensi
Sebagai bahan pewarna kulit, bahan bakar,
 -
14
Bayam

 -
Mengobati disentri
Membersihkan darah setelah melahirkan, memperkuat akar rambut, mengatasi darah rendah, anemia, gagal ginjal
 -
 -
15
Pohon Ceremai
Mengatasi sembelit dan mual
 -
Mengatasi asma dan sakit kulit
Mengatasi batuk berdahak, menguruskan badan, mual, kanker, sariawan
 -
 -
16
Pohon Jambu Monyet/ Mete
 -
 -
Sebagai obat pencahar
Lalapan, mengobati eksim, penyakit kulit kronisobat luka bakar, disentri, radang mulut
Batangnya: dijadikan Bahan bangunan, barang kerajinan
Kulitnya: sebagai obat diabetes militus, diare, sariawan, pewarna batik, bahan tinta, bahan perekat, obat anti ngengat
 -
17
Pohon Kemuning
 -
 -
Mengatasi memar, rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, bisul, eksim, koreng
Mengatasi radang saluran napas, radang buah zakar, infeksi saluran kencing, pelangsing tubuh, nyeri pada tukak, sakit gigi, menghaluskan kulit, melancarkan haid
Kulitnya: mengatasi sakit gigi, nyeri akibat luka terbuka di kulit atau selaput lendir (ulkus)

18
Seledri
Pereda kejang, menurunkan kadar asam urat, anti rematik, penenang
 -
Meningkatkan enzim pada organ pencernaan, peluruh saluran kemih
Penambah aroma dan penyedap  makanan, dapat dimakan, Meningkatkan enzim pada organ pencernaan, peluruh kencing, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, melancarkan haid, membersihkan darah dari racun makanan dan minuman, menurunkan asam urat
Penambah aroma dan penyedap  makanan, dapat dimakan
 -
19
Pohon Mengkudu

Anti oksidan, anti bakteri, anti radang, anti alergi, menjaga kesehatan tulang, anti kanker, menjaga kesehatan rambut dan kulit, mengatasi hipertensi, batuk, sakit perut, sakit kuning, demam, masuk angin, flu
 -
Disayur, menyembuhkan wasir
 -
 -
20
Pohon Kelapa

Mengatasi pusing, keracunan ringan, olahan makanan
Sabut: keset, bantal, sapu, kerajinan tangan
Tempurung: kerajinan asbak, mainan anak, arang
Airnya: diminum langsung, gula, penawar racun
Ramuan sakit kulit, diare, demam, kerajinan tangan, bahan bakar
Atap saung (ranggon), janur, hiasan untuk hajatan, bungkus ketupat
Batang daun: sapu lidi
Membangun rumah, kayu bakar
 -
21
Bunga Matahari
Kuaci, menambah napsu makan, lesu, disentri berdarah, campak, sakit kepala
 -
Mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan, keputihan
Mengobati malaria
 -
Mengobati tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit gigi, pusing, nyeri haid, nyeri lambung, radang payudara, rematik, sulit melahirkan
22
Tanaman Pare
Mencegah timbulnya sel-sel kanker
Menurunkan kadar glukosa darah, radang tenggorokan, demam, malaria, bronchitis, kencing manis,disentri penambah asi, penambah napsu makan, menjaga kesehatan mata dan jantung
 -
Mengatasi sembelit, bisul, demam nifas, penambah asi, sakit pada hati, menyuburkan rambut, batuk, bekas luka, wasir, penyakit kulit, rabun malam, disentri, ambeien, dan cacingan
 -
 -
23
Tanaman Harendong (Senggani)
Mengatasi pendarahan rahim
Dapat dimakan langsung
Mengatasi luka bakar dan luka berdarah, gangguan pencernaan, hepatitis, keputihan, sariawan, pendarahan rahim, mimisan, wasir darah, keracunan singkong, mabuk, bisul, busung air
Disayur/lalap, disentri, keputihan, sariawan, diare, bisul, menetralkan racun
 -
 -
24
Pohon Srikaya
Menguatkan pencernaan, cacingan, menghilangkan kutu kepala dan serangga
Memperlancar saluran pencernaan, mencegah diabetes, memiliki kandungan asam folat tinggi untuk pertumbuhan otak bayi.
Buah yang masih muda: mengobati diare, disentri akut, membasmi kutu anjing, kutu kepala dan bisul
Mengobati sembelit, disentri akut, depresi, nyeri tulang punggung
Anti radang, batuk ringan, demam, rematik, menurunkan kadar asam urat, diare, disentri, melancarkan pencernaan, mengatasi flu
Kulit kayu: mengatasi diare, disentri dan luka berdarah
 -
25
Bunga Teratai
Mengatasi muntah darah, insomnia, gangguan pencernaan, keputihan, pendarahan pada wanita
 -
Rimpang: mengobati sakit jantung, maag
Tepung rimpang: penambah napsu makan, penambah darah
Mengatasi demam, diare, beri-beri, mimisan, muntah darah, mulas perut bawah karena tersumbat darah
Mengatasi demam, diare, beri-beri, mimisan, muntah darah, mulas perut bawah karena tersumbat darah
Mengatasi demam, diare, beri-beri, mimisan, muntah darah, mulas perut bawah karena tersumbat darah
Benang sari:  mengatasi wasir, sulit menahan buang air kecil
Pendarahan di kulit, menyembuhkan luka bernanah
26
Pohon Pisang

Bakal buah: disayur
Buah muda: anti diare, anti disentri, pengobatann tukak lambung
Dapat dimakan langsung, di olah menjadi berbagai jenis makanan, keripik, pelumas usus, penurun panas, anti radang, peluruh kencing
Penawar racun, pereda demam, mendinginkan darah, penurun panas, penghitam rambut, mencegah rambut rontok
Pembungkus kue, pepes, mengatasi kulit bengkak, lecet, disentri, radang tenggorokan, radang otak
Pangkalnya: keripik
Seratnya: alternatif
Pelepahnya: tusuk sate, tali, dianyam menjadi bahan jok mobil dan kerajinan tangan
Airnya: menyuburkan dan menghitamkanrambut
Jantung pisang: stroke, pendarahan otak
27
Pohon Jagung
Mengobati kanker paru-paru, diolah menjadi bubur jagung
Jagung muda: sayuran, perkedel dan makanan lainnya
Jagung tua: pop corn, pengganti nasi, tepung, bihun, bahan campuran kopi bubuk, kue kering, pakan ternak, bahan baku industri bir, industri farmasi, perekat, industri tekstil
Rambut jagung: mengobati kencing manis dan darah tinggi.
 -
Daun muda: pakan ternak
Daun tua: pupuk hijau
Pembungkus makanan
Pakan ternak, pupuk hijau, kayu bakar, pulp (bahan kertas)
 -
28
Pohon Ketapang
Bisa dimakan, mengandung minyak untuk meredakan radang rongga perut, penyakit kulit
Buah muda: untuk mencelup kapas, rotan dan sebagai tinta
Dapat di makan
 -
Mengatasi rematik, sariawan, disentri
Konstruksi rumah dan kapal
 -
29
Pohon Murbei
 -
Bisa langsung dimakan, hepatitis kronis, kurang darah, tekanan darah tinggi, jantung lemah, bengkak mata kaki, memperkuat ginjal, sembelit, sakit otot
Kulit akar: asma, muka bengkak, nyeri saat kencing, sakit gigi
Akar: Buang air kecil nanah
Makanan ulat sutra, disayur, pembersih darah, demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi, kencing manis, kaki gajah, radang mata merah, perbanyak asi, muntah dan batuk darah, batuk berdahak, kolesterol tinggi, cacingan, vertigo, digigit ular
Ranting: rematik, sakit pinggang, kram, menyuburkan rambut
 -
30
Mahkota Dewa
Mengatasi penyakit kulit: eksim dan gatal-gatal
mengobati disentri dan jerawat
 -
Mengatasi penyakit kulit: eksim dan gatal-gatal
 -
 -
31
Pohon Waru
 -
 -
Berkhasiat sebagai penurun panas/ demam dan peluruh haid
berkhasiat antiradang, antitoksin, peluruh dahak, dan peluruh kencing,  TB paru-paru, batuk, sesak napas,
Radang amandel (tonsilitis),
Demam,
Berak darah dan lendir pada anak, muntah darah,
Radang usus,
Bisul, abses,
Keracunan singkong,
Penyubur rambut, rambut rontok,
 -
Radang mata
32
Pohon Pinang
Cacingan, Perut kembung akibat gangguan pencernaan,  Bengkak karena retensi cairan (edema), Rasa penuh di dada, Luka, Batuk berdahak,  Diare, Terlambat haid, Keputihan, Beri-beri, edema. Malaria, Memperkecil pupil mata (miosis) pada glaucoma.
Sabut:  Gangguan pencernaan (dyspepsia), Sembelit,  Edema dan beri-beri
 -
Tidak napsu makan,  Sakit pinggang
 -
 -








Sumber: http://duniatehnikku.wordpress.com/2011/04/22/aneka-jenis-tanaman-obat-obatan-serta-khasiatnya/, http://kyaimbeling.wordpress.com/2010/02/25/168/, http://karenisamazinggracefull.blogspot.com/2013/03/menciptakan-rumah-menjadi-apotek-dan_1550.html